Petani Penajam Luncurkan Beras Organik

AH Ari B

 

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, Joko Dwi Fetrianto (AH Ari B - Hello Borneo)

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, Joko Dwi Fetrianto (AH Ari B – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Sejumlah petani di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, bersama pemerintah daerah setempat akan meluncurkan produk unggulan beras organik atau beras sehat untuk menunjang program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara, Joko Dwi Fetrianto saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Senin mengatakan, produksi beras sehat itu merupakan hasil

budidaya ramah lingkungan yang dilakukan sejumlah petani yang tergabung dalam Persatuan Petani Organik di Kecamatan Babulu.

“Para petani organik di Kecamatan Babulu mengembangkan beras organik atau beras sehat dan akan segera diluncurkan dalam waktu dekat ini,” katanya.

Joko Dwi Fetrianto menjelaskan, produk unggulan beras sehat tersebut memanfaatkan benih lokal yang dibudidayakan para petani secara sehat dan ramah lingkungan.

“Para petani yang tergabung dalam kelompok tani itu menggunakan pupuk organik dalam menanam padi,” ujarnya.

Produk beras organik atau beras sehat itu juga akan melalui pemeriksaan laboratorium sehingga dipastikan aman dan memiliki keunggulan kualitas.

Joko Dwi Fetrianto menyatakan, produk beras sehat rencananya dipasarkan kepada para pegawai negeri sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Pada tahap awal, penanaman beras organik masih terbatas sekitar 10 hektare di wilayah Desa Labangka, Kecamatan Babulu. Kami berencana meningkatkan luas tanam agar budidaya beras organik lebih berkembang di wilayah Penajam Paser Utara,” jelasnya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara bekerja sama dengan petani juga akan mengembangkan pola penanaman sehat pada jenis tanaman sayur mayur, seperti tomat dan cabai. (bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.