Penajam Targetkan Semua Puskesmas Akreditasi pada 2019

Iskandar – Humas Setkab Penajam Paser Utara

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Arnold Wayong (Iskandar - Hunas Setkab Penajam Paser Utara)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Arnold Wayong (Iskandar – Hunas Setkab Penajam Paser Utara)

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menargetkan seluruh pusat layanan masyarakat atau puskesmas di daerah itu menjadi puskesmas akreditasi pada 2019.

“Melakukan akrditasi puskesmas memang berat, tetapi harus dilakukan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara Arnold Wayong pada kegiatan Dukung UPT Puskesmas Penajam menuju puskesmas akreditasi di Penajam, Kamis.

Pada tahun ini (2016) menurut dia, ada tiga puskesmas di wilayah Kecamatan Penajam yang mulai diakreditasi, yakni Puskesmas Penajam, Petung dan Puskesmas Sotek.

“Puskesmas Penajam dan Petung untuk kategori puskesmas perkotaan dan Puskesmas Sotek tingkat perdesaan,” jelas Arnold Wayong.

Akredtasi itu lanjut dia, merupakan syarat untuk menjalin kerjasana dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS.

“Jadi seluruh puskesmas di wilayah Penajam Paser Utara harus mejadi puskesmas akreditasi, kalau tidak akreditasi tidak bisa bekerja sama dengan BPJS,” ungkap Arnold Wayong.

Ia menegaskan sosialisasi dan komitmen serta bantuan dari lintas sektoral akan memudahkan Puskesmas Penajam menjadi puskesmas akreditasi.

Kepala UPT Puskesmas Penajam Ahmad berharap dukungan masyarakat agar Puskesmas Penajam bisa terakreditasi, termasuk penggalangan komitmen terhadap Puskesmas Penajam menuju puskesmas akreditasi

Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 75 Tahun 2014 tambahnya, puskesmas sebagai UPT (unit pelaksana tugas) kegiatan dari Dinas Kesehatan, sehingga dituntut memberikan pelayanan maksimal.

“Puskesmas dituntut berikan layanan kepada masyarakat yang membutuhkan pengobatan dan perawatan dengan maksimal,” ucap Ahmad. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.