BPMPD Penajam Luncurkan Sistem Informasi Manajemen Desa

AH Ari B

 

Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar (depan tengah) berfoto bersama usai membuka pelatihan peningkatan kapasitas kepala desa di Jogjakarta (Subur Priono - Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar (depan tengah) berfoto bersama usai membuka pelatihan peningkatan kapasitas kepala desa di Jogjakarta (Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara)

Penajam, helloborneo.com – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan meluncurkan aplikasi sistem informasi manajemen desa atau Simdes di setiap desa di daerah setempat guna mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

“Untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat, khususnya di pemerintahan desa akan segera diluncurkan aplikasi Simdes,” kata Kepala Bidang Pemerintah Desa BPMPD Kabupaten Penajam Paser Utara, Margono Hadi Susanto saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Sabtu.

BPMPD Kabupaten Penajam Paser Utara saat ini tengah menentukan titik lokasi untuk peresmian aplikasi sistem informasi manajemen desa tersebut.

“Peresmian aplikasi Simdes itu akan dilakukan di desa terdekat sebagai simbolis penerapan aplikasi itu di setiap desa,” ujar Margono Hadi Susanto.

Menurut dia, peluncuran awal aplikasi sistem informasi manajemen desa tersebut sudah dilakukan di 30 desa di wilayah Penajam Paser Utara.

Aplikasi Simdes itu untuk mempercepat proses pencatatan dan pengelolaan informasi data penduduk di masing-masing desa.

Selain itu, aplikasi sistem informasi manajemen desa tersebut juga berfungsi untuk mempersingkat waktu pelayanan kepada masyarakat yang selama ini terkesan membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Dengan keberadaan Simdes dapat mempercepat waktu pelayanan kepada masyarakat, khususnya di pemerintahan desa,” jelas Margono Hadi Susanto.

Aplikasi Simdes tersebut lanjut ia, selain dapat menangani 104 dokumen di pemerintahan desa, juga mempermudah tata kelola administrasi di tingkat desa.

Sebelumnya, sebanyak 50 orang perangkat desa diberikan pelatihan terkait aplkasi Simdes selama empat hari di Balai Pemberdayaan Masyarakat dan Desa di Yogyakarta.

“Kami telah latih kepala desa, sekretaris dan operator se Kabupaten Penajam Paser Utara sebelum melaksanakan aplikasi Simdes itu,” tambah Margono Hadi Susanto. (bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.