Penajam Sesuaikan Anggaran Daerah Berdasarkan Regulasi

Subur Priono – Humas Setkab Penajam Paser Utara

Kepala BKD PPU, Surodal Santoso

Kepala BKD PPU, Surodal Santoso

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, segara melakukan penyesuaian anggaran daerah dengan kelembagaan, sebagai tindak lanjut terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara Surodal Santoso di Penajam, Jumat, mengatakan instruksi Menteri Dalam Negeri terkait penerapan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah menjadi acuan penyusunan APBD 2017.

“Pemerintah daerah harus menyesuaikan kelembagaan sesuai dengan PP Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah itu mulai Oktober 2016,” katanya.

Surodal Santoso menjelaskan, susunan struktur kelembagaan baru akan diajukan kepada DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara untuk disahkan.

“Lembaga yang mengalami perubahan, seperti Dinas Pendapatan Daerah dilebur dengan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, serta Dinas Kehutanan dan Perkebunan juga dilebur dengan Dinas Pertanian dan Peternakan,” jelasnya.

Sementara terkait jabatan tinggi pratama dalam struktur kelembagaan yang baru lanjut Surodal Santoso akan disesuaikan berdasarkan kinerja dan “assessment” pimpinan.

Surodal Santoso beharap peleburan sejumlah satuan kerja perangkat daerah atau SKPD pada struktur kelembagaan 2017 tida mengeliminasi pejabat di SKPD lama.

Selain itu juga diharapkan, perubahan susunan organisasi tata kerja berdasarkan PP Nomor 18 Tahun 2016 tersebut tidak menjadi persoalan bagi seluruh PNS (pegawai negeri sipil) yang ada di masing-masing instansi. (adv/bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.