Kas Daerah Penajam Hanya Cukup Membayar Gaji

AH Ari B

 

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset  Daerah (BPKAD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Haeran Yusni (Bagus Purwa - Hello Borneo)

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Penajam Paser Utara, Haeran Yusni (Bagus Purwa – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Sisa saldo kas daerah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur saat ini hanya mencukupi untuk membayar gaji pegawai sampai Desember 2016, kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah setempat, Haeran Yusni.

“Belum diterimanya dana bagi hasil triwulan ketiga dan keempat tahun ini (2016) dari pemerintah pusat berpengaruh besar pada struktur APBD 2106 Kabupaten Penajam Paser Utara,” jelas Haeran Yusni ketika dihubungi helloborneo.com di Penajam, Sabtu.

Dengan belum diterimanya dana bagi hasil dari pemerintah pusat tersebut menurut dia, kas daerah yang tersisa saat ini hanya cukup untuk membayar gaji pegawai hingga akhir 2016.

Sementara untuk pembayaran insentif pegawai yang ditunda sejak Agustus 2016 lanjut Heran Yusni, menunggu pencairan dana bagi hasil triwulan ketiga dan keempat dari pemerintah pusat.

Selain itu, kepastian pembayaran insentif juga harus menunggu hasil rasionalisasi yang kini sedang dilakukan di masing-masing satuan kerja perangkat daerah atau SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

Haeran Yusni menjelaskan, dana bagi hasil untuk triwulan ketiga yang dijanjikan pemerintah pusat akan ditransfer pada Oktober 2016, sekitar Rp251 miliar.

“Diharapkan pencairan dana bagi hasil dari pemerintah pusat itu tepat waktu, karena pembayaran insentif pegawai dan program pembangunan tersendat,” katanya.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara tambah Haeran Yusni, berharap pencairan dana bagi hasil triwulan ketiga dan keempat yang bersumber dari APBN dapat segera terealisasi.

“Saat ini pemeritah daerah tengah menyusun APBD Perubahan 2016, jadi kami harapkan pemerintah pusat segera mentransfer dana bagi hasil triwulan ketiga dan keempat,” ujarnya. (bp/*esa)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.