Tarif Pajak Bandara Sepinggan Naik Jadi Rp100 Ribu

Bagus Purwa

 

Balikpapan, helloborneo.com – Tarif pelayanan jasa penumpang pesawat udara atau pajak bandara (airport tax) di Bandara Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur, mulai 1 Oktober 2016 naik menjadi Rp100.000 per penumpang dari sebelumnya Rp75.000 per penumpang.

“Kenaikan tarif ini juga untuk peningkatan layanan kami kepada para penumpang, dan tarif pelayanan jasa itu akan diintegrasikan dalam tiket penumpang seperti yang sudah berlaku selama ini,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Sepinggan, Pujiono kepada wartawan di Balikpapan, Senin.

Dengan mengenakan tarif Rp100.000 itu, Bandara Sepinggan menjadi salah satu bandara dengan tarif PJP2U termahal di Indonesia.

Pujiono mengungkapkan, dari 4 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I, hanya Bandara Sepinggan yang disetujui Kementerian Perhubungan kenaikan tarif PJP2U-nya.

Sejak Mei 2014, Bandara Sepinggan memiliki terminal baru 4 lantai yang menggantikan terminal lama yang dirasakan sudah tidak memadai lagi.

Terminal lama, yang mengenakan tarif hanya Rp25.000 per penumpang dirasakan sudah terlalu sempit untuk melayani jumlah penumpang mulai dari 6 juta orang per tahun. Dan sekarang melayani delapan juta penumpang per tahun.

Peningkatan tarif ini diharapkan juga meningkatkan pendapatan PT Angkasa Pura I, dari Rp480 miliar per tahun menjadi Rp600 miliar mulai 2017.

Sejak diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2014 tersebut, Bandara Sepinggan memang terus menerus berbenah.

Bandara ini juga diganti namanya menjadi Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, namun karena nama “Sepinggan” saja lebih praktis, nama baru itu tidak populer.

Peningkatan layanan yang bisa dirasakan langsung penumpang antara lain area pemeriksaan keamanan sebelum boarding yang lebih privasi. Pada area itu kini dipasangi sejumlah partisi.

Sejak awal juga pengelola bandara menegakkan ketertiban, antara lain dengan melarang calo, terutama calo transportasi beroperasi di dalam terminal. (bp/*rol)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.