APBD Perubahan Balikpapan Bisa Surplus Rp10 Miliar

Bagus Purwa

 

Balikpapan, helloborneo.com – APBD Perubahan 2016 Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, diperhitungkan kelebihan atau surplus Rp10 miliar, jika pemerintah pusat merealisasikan janjinya membayar dana bagi hasil 2015 sebesar Rp52 miliar.

“Jika benar pemerintah pusat menutupi kekurangan dana bagi hasil 2015 yang belum tersalurkan, maka kekurangan APBD Perubahan 2016 Rp42 miliar dapat tertutupi. Bahkan surplus Rp10 miliar,” kata Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh saat dihubungi helloborneo.com di Balikpapan, Selasa.

Menurut dia, dari penjelasan Kementerian Keuangan, bahwa dana tersebut akan dibayarkan pada awal November 2016.

“Kemarin saya tanyakan karena sampai bulan Oktober belum ada turun itu dana kurang salur dan bagi hasil migas. Kemudian mereka menjanjikan awal November atau akhir Oktober Rp52 miliar akan diberikan,” jelasnya Abdulloh.

Sementara itu selain berharap kepada pemerintah pusat, Pemerintah Kota Balikpapan juga berharap kepada pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

pengesahan APBD P 2016 Balikpapan diperkirakan akan dilakukan setelah DPRD Provinsi Kaltim mengetok palu APBD Perubahan 2016 yang direncanakan pekan ini atau pekan depan.

Balikpapan mengalami defisit anggaran sebab sejumlah dana yang didapat dari Pemerintah Pusat seperti Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, hingga Dana Bagi Hasil ditahan menyusul restrukturisasi keuangan yang dilakukan pemerintah.

Karena defisit itu, pemerintah kota juga terpaksa menjadwal ulang pembayaran proyek-proyek pemerintah yang dikerjakan swasta.

Pemkot Balikpapan juga melakukan sejumlah penghematan, seperti tidak lagi membayari biaya BBM para pejabatnya, baik yang menggunakan mobil dinas maupun tidak. (bp/*rol)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.