Warga Penajam Keluhkan Kualitas Air PDAM

AH Ari B

 

Penajam, helloborneo.com – Warga Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mengeluhkan kualitas air Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM setempat belakangan ini.

“Sejak dua pekan terakhir, air PDAM kembali berwarna kemerahan dan mengeluarkan bau tidak sedap,” kata Edi Suratman warga kelurahan Nipah-Nipah ketika ditemui helloborneo.com, Kamis.

Tidak hanya berwarna merah, tetapi lanjut ia, air yang didistribusikan PDAM ke rumah-rumah masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara itu juga seperti bercampu dengan tanah.

Selain itu lanjut Edi Suratman, air yang didistribusikan PDAM tersebut juga mengeluarkan bau tidak sedap, sehingga merasa kecewa dengan pelayanan PDAM yang tidak kunjung membaik.

Ia menjelaskan air PDAM yang dialirkan ke kediamannya sering berubah warna, kerus kecoklatan seperti bercampur dengan tanah, bahkan merah seperti karat.

“Kondisi itu sudah terjadi cukup lama, sementara PDAM selalu beralasan karena faktor cuaca sehingga kualitas air menurun,” ujar Edi Suratman.

Menurut Kepala Seksi Operasional PDAM Kabupaten Penajam Paser Utara Abdul Rani, penurunan kualitas air PDAM tersebut dipengaruhi debit air di Sungai Lawe-Lawe sebagai sumber air baku yang mulai berkurang.

“Walaupun sering hujan, tetapi debit Sungai Lawe-Lawe berkurang dari biasanya yang mencapai tiga meter,” jelasnya.

Kedalaman air Sungai Lawe-Lawe yang menjadi sumber air baku PDAM Kabupaten Penajam Paser saat ini hanya dua meter, pendangkalan itu berakibat air yang didistribusikan ke pelanggan berwarna agak kemerahan.

“Di atas Sungai Lawe-Lawe daerah gambut, kemungkinan banyak daun yang terendam sehingga berakibat perubahan air menjadi merah,” ucap Abdul Rani.

Dia menyatakan ketinggian normal air Sungai Lawe-Lawe itu tiga meter dari permukaan tanah, dan perubahan warna air PDAM tersebut sudah diproses.

Kondisi penrunan kualitas air diprediksi akan berlangsung cukup lama, sampai hujan dengan intensitas tinggi mengguyur di wilayah hulu Sungai Lawe-Lawe yang menjadi sumber air baku PDAM. (bp/*esa)




One thought on “Warga Penajam Keluhkan Kualitas Air PDAM

  1. wagiman

    kabar bendungan sepaku bagaimana ? udah di biayai APBN tapi ngak kelar menyelesaikan masalah pembebasan lahan

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *