Kementerian Koperasi Bubarkan 145 Koperasi di Balikpapan

Bagus Purwa

 

Balikpapan, helloborneo.com – Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah membubarkan 145 koperasi yang sudah tidak aktif lagi di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, untuk penertiban koperasi.

Pembubaran tersebut tidak berlaku bagi koperasi yang masih tersangkut masalah hukum di kepolisian atau pengadilan. Selain karena masalah hukum, koperasinya tetap dibubarkan dan menjadi tanggung jawab pengurus koperasi yang dibubarkan untuk menyelesaikan urusan yang tertinggal.

Urusan itu, seperti utang piutang dagang, gaji karyawan dan lain-lain yang terjadi saat koperasi masih aktif.,” kata Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Perindustrian Kota Balikpapan, Doortje, ketika dihubungi helloborneo.com di Balikpapan, Kamis.

Pembubaran koperasi-koperasi tersebut karena sudah tidak lagi menjalankan usaha atau kegiatan seperti yang tercantum di dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan tidak lagi menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) selama tiga tahun berturut-turut.

Dengan demikian hanya koperasi yang benar-benar sehat dan dikelola profesional yang beroperasi. Sehingga menaikkan mutu koperasi di Kota Balikpapan.

Sebelum pembubaran, menurut Doortje, koperasi-koperasi tersebut sudah disurvei revitalisasi. Instansinya juga membuat pengumuman di kelurahan-kelurahan dan kecamatan di seluruh Kota Balikpapan.

Setelah survei itu ditemukan data yang akurat tentang keberadaan koperasi di Kota Balikpapan lengkap dengan kondisi terakhirnya. Diantaranya ditemukan 145 koperasi tidak aktif sebagai bagian dari 540 koperasi di Balikpapan.

Doortje mengatakan, bila keputusan Menteri Koperasi ini menimbulkan keberatan oleh pengurus, anggota atau pihak-pihak yang berkepentingan, maka dapat mengajukan keberatan kepada Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM.

“Bisa juga langsung mengajukan keberatan kepada Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Balikpapan,” jelas Doortje.

Ia menimpali lagi, “batas pengajuan keberatan itu adalah enam bulan sejak pembubaran koperasi tersebut ditetapkan,”. (bp/*esa)




One thought on “Kementerian Koperasi Bubarkan 145 Koperasi di Balikpapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *