Penajam Ajak Pemprov Perbaiki Jalan Trans Kalimantan

AH Ari B

 

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara mengajak Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, untuk berkolaborasi memperbaiki jalan Trans Kalimantan yang melalui wilayah setempat, karena kondisinya rusak parah dan telah lama dikeluhkan warga.

Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara Tohar, saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Senin, mengatakan bahwa pemerintah kabupaten telah mengajukan usulan kepada pemerintah provinsi untuk penanganan jalan Trans Kalimantan.

“Kami mengajak Pemprov Kaltim, untuk berkolaborasi menangani jalan Trans Kalimantan di wilayah Penajam Paser Utara melalui Badan Jalan dan Jembatan Kaltim,” jelasnya.

Menurut Tohar , upaya kolaborasi penanganan jalan Tran Kalimantan tersebut untuk mempercepat perbaikan, karena selama ini penanganan jalan rusak terkesan sangat lamban.

“Kerusakan jalan Trans Kalimantan di wilayah Penajam Paser Utara, khususnya di wilayah Kecamatan Sepaku cukup parah dan hingga kini belum ada perbaikan,” ungkapnya.

Tohar menjelaskan, kolaborasi yang dimaksud adalah pembagian pekerjaan perbaikan atau pembangunan jalan, seperti material disediakan Pemprov Kaltim, sedangkan pengerjaan perbaikan atau pembangunan jalan dilakukan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

Sekkab juga berharap kolaborasi penanganan jalan Trans Kalimantan dengan Pemprov Kaltim tersebut mencakup seluruh jalan yang melalui wilayah Penajam Paser Utara.

“Kami harapkan kolaborasi itu dapat mencakup perawatan dan perbaikan jalan Trans Kalimantan mulai dari kilometer nol sampai Kecamatan Babulu dan Sepaku,” ujar Tohar.

Sejak 2004, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara telah mengusulkan perbaikan jalan Trans Kalimantan tersebut, khususnya yang melalui wilayah Kecamatan Sepaku, namun sampai saat ini belum juga selesai.

Minimnya akses jalan di wilayah Kecamatan Sepaku menjadi salah satu penyebab terganggunya kegiatan perekonomian masyarakat, karena warga kesulitan membawa hasil penen untuk dijual. (adv-KominfoPPU/bp/*ara)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *