Wabup Penajam Ajak Warga Gairahkan Baca Quran

AH Ari B

 

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Mustaqim MZ Bagus Purwa – Hello Borneo).

Penajam, helloborneo.comWakil Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Mustaqim MZ mengajak warga untuk menggairahkan budaya membaca Al Quran saat melakukan Safari Ramadah di Masjid Agung Al Ikhlas, Kecamatan Penajam.

Safari Ramadhan yang kesembilan kalinya diadakan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara itu, sekaligus menyambut turunnya Al Quran atau Nuzulul Quran di malam ke-17 Ramadhan.

“Kami ajak seluruh masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara untuk kembali menggairahkan budaya membaca Al Quran.” kata Mustaqim MZ, Minggu (11/6).

Menurut Mustaqim, peringatan Nuzulul Quran juga bisa diartikan sebagai momentum lahirnya generasi masyarakat yang rajin membaca Al Quran.

“Mari bersama-sama, seluruh umat muslim di wilayah Penajam Paser Utara untuk mulai menggiatkan membaca AL Quran,” ujarnya.

Mustaqim menilai pada zaman serba canggih dan moderen sekarang ini, budaya membaca Al Quran di lingkungan masyarakat mulai luntur.

“Saat ini kecenderungan atau kebiasaan warga lebih senang menonton televisi atau bermain telepon selular,” ucapnya.

Mustaqim menjelaskan manfaat membaca Al Quran tidak hanya membantu menjalin komunikasi antara anak dan orang tua atau berbagi ilmu agama Islam, namun juga dapat mencegah anak dari kegiatan negatif, seperti penyimpangan perilaku, penggunaan narkoba dan kenakalan remaja lainya.

Pemerntah Kabupaten Penajam Paaer Utara pada Ramadhan 2017 menjadwalkan Safari Ramadhan di 12 titik lokasi, yang merupakan kegiatan rutin bupati dan wakil bupati berkunjung ke desa dan kelurahan untuk bersafari sekaligus bertemu warga.

Pelaksanaan Safari Ramadhan yang dimulai 29 Mei hingga 25 Juni 2017 yang dipusatkan di masjid desa/kelurahan tersebut, juga dimanfaatkan pimpinan daerah untuk bersilaturahmi dan menyerap aspirasi masyarakat, serta menyerahkan bantuna sosial dari pemerintah kabupaten. (adv-HumasPPU/bp/*ara)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *