Dinas Perhubungan Penajam Siapkan Armada Angkutan Lebaran

AH Ari B

 

Pelabuhan speedboat dan kelotok Kabupaten Penajam Paser Utara (AH Ari B – Hello Borneo)

Penajam, helloborneo.com – Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, bekerja sama dengan perusahaan penyedia armada menyediakan 209 unit angkutan darat dan laut yang telah diuji kelayakannya untuk melayani penumpang arus mudik dan balik Lebaran 2017.

Kepala Dishub Kabupaten Penajam Paser Utara Ady Irawan, saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Selasa mengatakan, 116 angkutan darat terdiri dari 91 angkutan umum dalam kota, dan 25  angkutan umum trayek antarkota dalam provinsi.

Selain itu, Dishub Kabupaten Penajam Paser Utara, juga menyiapkan 23 kapal kayu atau kelotok dan 70 “speedboat”.

Armada darat maupun laut untuk angkutan arus mudik dan arus balik Lebaran 2017 itu disiapkan mulai tiga hari sebelum dan tiga hari setelah lebaran.

“Kami prediksikan puncak lonjakan penumpang arus mudik terjadi sehari sebelum lebaran dan puncak arus balik terjadi dua hari setelah lebaran,” kata Ady Irawan.

Ia juga memperkirakan, dibanding tahun sebelumnya, lonjakan arus mudik dan balik Idul Fitri 1348 akan meningkat 30 persen.

Sebelumnya, Dishub Kabupaten Penajam Paser Utara telah melakukan pengecekan dan kelaikan kondisi ratusan angkutan darat dan laut tersebut.

“Untuk persiapan angkutan lebaran, kami lakukan pengecekan kelaikan armada angkutan umum di Terminal Penajam, serta di Pelabuhan Maridan dan Pelabuhan Kelotok-“Speedboat” Penajam,” jelas Ady Irawan.

Pengecekan armada angkutan darat dan laut tersebut, lanjut Ady Irawan, menjadi prioritas kerena berkaitan dengan keselamatan berkendara di jalan raya.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga mendirikan posko pelayanan mudik dan balik lebaran, di Pelabuhan Feri Penajam dan Terminal Penajam, serta di depan Pasar Petung. (bp/*esa)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *