Harga Ikan Laut di Penajam Melonjak Tajam

MR Saputra

 

Dengan Rumpon Cerdas hasil tangkapan ikan bisa meningkat (Subur – Humas Setkab PPU)

Penajam, helloborneo.com – Harga komoditas ikan laut di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada petengahan Ramadhan melonjak tajam dari biasanya, karena naiknya harga jual dari tengkulak.

Sejumlah pedagang ikan di pasar tradisional di Kabupaten Penajam Paser Utara yang ditemui helloborneo.com, Rabu, menyatakan sejumlah harga ikan laut mulai meningkat cukup signifikan.

“Sejak sepekan terakhir ini terjadi peningkatan harga ikan laut yang cukup siginfikan,” kata Asnawati, salah satu pegadang ikan laut di Pasar Baru Penajam.

Kenaikan harga ikan laut itu menurut dia, bukan karena minimnya persediaan komoditas ikan laut, namun harga ikan laut yang dibelinya dari tengkulak sudah mengalami kenaikan.

Naiknya harga jual ikan laut dari tengkulak tersebut membuat harga ikan laut di pasaran melonjak tajam, Seperti ikan trakulu yang biasanya dijual Rp35.000 per kilogram, naik menjadi Rp50.000 per kilogram.

Selain itu udang yang biasanya dijual dengan harga Rp15.000 per kilogram juga mengalami kenaikan cukup signifikan menjadi Rp20.000 per kilogram, sementara harga jual komoditas ikan laut lainnya juga mengalami kenaikan dikisaran Rp5.000 per kilogram.

“Persediaan ikan laut kami cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, tapi karena tengkulak menaikkan harga jualnya jadi kami juga menaikkan harga jual ke konsumen,” ungkap Nawawi, pedagang ikan laut di Pasar Petung.

Dengan naiknya harga jual dari tengkulak tersebut lanjut ia, para pedagang ikan laut terpaksa menaikkan harga jual kepada konsumen, karena jika tidak menaikkan harga jual akan mengalami kerugian.

Para pedagang ikan laut merasa sedikit tertolong, kendati ramainya pengunjung hanya terjadi pada saat hari pasar yakni, Kamis dan Minggu.

Sedangkan harga daging sapi di pasar tradisional Kabupaten Penajam Paser Utara sampai saat ini masih stabil yakni. dikisaran harga Rp110.000 sampai Rp130.000 per kilogram.

“Kami jual daging sapi mulai dari Rp110.000 hingga Rp130.000 per kilogram, tergantung bagian dan kualitas dagingnya,” jelas Isnawati, salah satu pedagang daging sapi di Pasar Baru Penajam.

Para pedagang daging sapi di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Penajam Paser Utara mengatakan kenaikan harga daging sapi biasanya terjadi mendekati perayaan Lebaran Idul Fitri. (bp/*ara)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *