Seniman Internasional Kembali Ramaikan Buen Festival Penajam

Ari. B

Sekretaris Desa Bangun Mulya, Yani Nurhayati.

Penajam, helloborneo.com – Sejumlah seniman nasional dan internasional dijadwalkan kembali ikut meramaikan Buen Festival yang digelar di Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Agustus 2017.

“Agenda budaya Buen Festival siap kembali kami gelar Agustus 2017,” kata Sekteratis Desa Bangun Mulya Yani Nurhayati, ketika dihubungi helloborneo.com di Penajam, Sabtu.

Kegiatan kesenian yang merangkum kebudayaan lokal tersebut dijadwalkan kembali digelar di Desa Bangun Mulya, Kecamatan Waru, pada 4 sampai 6 Agustrus 2017.

“Pada pagelaran kedua Buen Fastival kali ini, beberapa seniman nasional, bahkan internasional sudah menyatakan siap hadir meramaikan festival itu,” ungkap Yani Nurhayati.

Pada perhelatan Buen Festival pertama 2016 di Desa Bangun Mulya, selain seniman lokal juga diramaikan dengan kehadiran seniman nasional seperti Tri Utami dan seniman lainnya yang tergabung dalam Jaring Budaya Nusantara.

Selain itu, Buen Festival 2016 juga diramaikan seniman mancanegara, seperti Junichi Usui yang seorang pemain biola dari Jepang dan Rodrigo Parejo, pemain seruling dari Spanyol.

Buen Festival 2017, menurut Yani Nurhayati, diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari kirap budaya, lokakarya seni budaya, lomba tari sampai sarasehan budaya dan pertunjukan tari.

“Kami pastikan gelaran Buen Festival 2017 lebih menarik dan ramai dibanding tahun sebelumnya,” ujarnya.

Selain diramaikan seniman daerah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kalimantan Timur, Buen Festival 2017 juga akan dihadiri seniman nasional seperti Didi Nini Thowok.

“Ada beberapa seniman dari luar negeri yang dikonfirmasi sudah siap memeriahkan Buen Festival 2017 di Kabupaten Penajam Paser Utara,” ucapnya.

Seniman mancanegara yang siap hadir berasal dari Jepang, Italia, Prancis, Sarajevo dan Bosnia. Sedangkan seniman lokal dari komunitas Dayak, Toraja, Banyuwangi, Batak, dan Bali.

Pada Buen Festival 2017, panitia juga akan meresmikan Rumah Buen yang baru selesai dibangun sebagai bagian dari rangkaian kegiatan festival. (Adv-humasPPU/bp/hb)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *