Tim Verifikasi Penajam Lakukan Penilaian Desa/kelurahan Sehat

Bagus Purwa

 

Penajam, helloborneo.com – Tim verifikasi penilaian desa dan kelurahan sehat Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, melakukan verifikasi dan penilaian di sejumlah desa di daerah itu.

“Kami sudah lakukan verifikasi dan penilaian terhadap Desa Gunung Makmur dan Sebakung Jaya di Kecamatan Babulu sebagai desa sehat,” jelas Sekretaris Forum Kabupaten Sehat Penajam Paser Utara Evi Viola Violeta, ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Rabu.

Tim verifikasi penilaian desa/kelurahan sehat Kabupaten Penajam Paser Utara juga sudah melakukan verifikasi dan penilaian di Desa Bumi Harapan dan Karang Jinawi di Kecamatan Sepaku.

Desa Karang Jinawi mengandalkan tanaman salak pondong yang lebih memiliki ketahanan gizi pangan.

Selain di perkebunan, tim juga melakukan verifikasi dan penilaian ke rumah-rumah warga Desa Karang Jinawi dan Bumi Harapan.

“Kami menilai keadaan maupun sekitar rumah warga terkait kesehatannya, yang utama menilai sekretariat yang ada di kantor desa hingga kecamatan dicocokkan di lapangan,” kata Evi Viola Violeta.

Ketua Forum Kabupaten Sehat Penajam Paser Utara Rustini Yusran meminta kepala desa dan lurah jangan hanya melakukan kegiatan bersih-bersih karena ada verifikasi dan penilaian desa/kelurahan sehat.

“Jangan baru melakukan bersih-bersih saat akan dilakukan verifikasi dan penilaian, karena kesehatan utama untuk diri sendiri dan lingkungan,” tegasnya.

Rustini Yusran menjelaskan, verifikasi dan penilaian itu untuk menyiapkan sejumlah desa mendapatkan penghargaan program desa sehat yang digelar pemerintah pusat setiap dua tahun sekali.

Tim verifikasi penilaian Kabupaten Penajam Paser Utara melakukan penilaian langsung sedini mungkin sebelum tim verifikasi dari pemerintah provinsi dan pusat melakukannya.

“Masih ada sejumlah desa di dua kecamatan yang akan kami datangi, yaitu di Kecamatan Penajam pada Kamis (10/8) dan Kecamatan Waru pada Selasa (15/8),” ujar Rustini Yusran. (bp/*ra)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.