Bayar Parkir di Balikpapan Bisa Pakai Uang Elektronik

Bagus Purwa

Kota balikpapan.(helloborneo.com)

Balikpapan, helloborneo.com – Membayar parkir di mal Balikpapan Superblok (BSB) dan Plaza Balikpapan kini bisa menggunakan uang elektronik, kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, Kalimantan Timur, Suharman Tabrani.

“Upaya kita mengurangi penggunaan uang kertas atau uang kartal,” katanya melalui keterangan pers yang diterima helloborneo.com, Senin.

Pengunjung mal bisa membayar parkir dengan menggunakan Brizzi yang dikeluarkan Bank Rakyat Indonesia (BRI), Tap-cash dari BNI, e-money dari Mandiri dan Flazz oleh Bank Central Asia (BCA).

Untuk itu, kasir di pintu keluar kini dilengkapi mesin “electronic data capture” (EDC) yang ditambahkan program untuk juga bisa membaca data kartu uang elektronik dari bank-bank tersebut.

“Semoga juga bisa mempercepat layanan, karena tidak perlu lagi nunggu uang kembalian,” ujar Suharman Tabrani.

Kasir yang cekatan dengan sistem manual bisa melayani 4-5 pelanggan per menit atau rata-rata 15-20 detik per pelanggan. Dengan uang elektronik, diyakini bisa lebih cepat lagi.

Pembayaran non tunai untuk parkir sebetulnya sudah dimulai pengelola mal sejak pertama mal beroperasi. Para penyewa toko atau ruangan pameran dalam waktu relatif panjang bisa mendapatkan fasilitas parkir berlangganan.

“Cukup mendaftarkan kendaraan yang dipakai, dengan bukti STNK, lalu bayar iurannya,” jelas Suharman Tabrani.
Untuk kendaraan roda dua, iurannya Rp45.000, bisa lebih murah ketimbang bayar dengan uang kontan bila rutin setiap hari keluar-masuk BSB.

Pemerintah Kota Balikpapan memungut pajak atau retribusi hingga 30 persen dari setiap pembayaran yang dilakukan konsumen sebagai biaya sewa tempat parkir di mal tersebut.

Karena itu menurut Suharman Tabrani, kasir tetap menyediakan uang kartal (uang kertas dan uang logam biasa), dan BI mulai sekarang mendidik masyarakat membiasakan mereka menggunakan uang elektronik.

“Sebab biaya mengelola uang kartal itu juga cukup besar. Agar kita bisa lebih hemat,” tambahnya. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.