Bupati Penajam Minta Sodetan Sungai Longkali Dipercepat

Ari. B

Warga Desa Sumber Sari, Babulu Kerjabakti Buat Tanggul Penahan Air. Sumber BPBD PPU.

Penajam, helloborneo.com – Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar meminta Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mempercepat pembuatan sodetan Sungai Longkali di Kabupaten Paser guna mengantisipasi banjir di wilayah Kecamatan Babulu dan sekitarnya.

Yusran Aspar yang ditemui helloborneo.com di Penajam, Kamis, mengatakan bahwa sebagai wilayah terdekat dengan Sungai Longkali, Kecamatan Babulu di Kabupaten Penajam Paser Utara selalu terancam banjir besar selama 10 tahun terakhir.

“Jadi, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara berharap pembuatan sodetan Sungai Longkali dan Bendungan Lambakan dipercepat,” kata bupati.

Sodetan Sungai Longkali dan Bendungan Lambakan tersebut untuk mengantisipasi cuaca ekstrim, yakni hujan deras yang diprediksi bakal terjadi hingga Februari 2018.
“Selain berfungsi mengendalikan banjir, sodetan Sungai Longkali dan Bendungan Lambakan juga bermanfaat untuk irigasi atau pengairan lahan persawahan di wilayah Kecamatan Babulu,” ujar Yusran Aspar.

Bencana banjir akibat luapan Sungai Longkali yang melanda wilayah Kecamatan Babulu sudah terjadi dalam dua pekan ini, terparah terjadi di Desa Sumber Sari dengan ketinggian air mencapai 30 centimeter.

Pada pekan kedua Desember 2017, sedikitnya 500 hektare lahan persawahan di wilayah Kecamatan Babulu terendam air dengan ketinggian bervariasi antara 20 hingga 30 centimeter.

Air dari Sungai Longkali meluap karena tidak mampu menampung air hujan yang beberapa hari mengguyur wilayah Penajam Paser Utara.
J

ika hujan dengan intensitas tinggi terus mengguyur wilayah Penajam Paser Utara, diprediksi lahan persawahan yang tersebar di delapan desa di Kecamatan Babulu ikut terkena dampak luapan Sungai Longkali dan terancam gagal panen.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara membuat tanggul darurat di sepanjang tepian Sungai Longkali yang berbatasan langsung dengan areal persawahan sebagai antisipasi terjadinya banjir susulan.

Selain itu, BPBD Penajam Paser Utara juga berkoordinasi dengan Badan Wilayah Sungai dan Pemerintah Kabupaten Paser untuk meninggikan jalan raya yang berada di sepanjang tepi Sungai Longkali. (bp/hb)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *