Penajam Usulkan 120 Formasi CPNS Kepada Kemenpan-RB

Ari. B

Kepala BKPP PPU, Surodal Santoso.

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mengusulkan tambahan 110 hingga 120 formasi calon pegawai negeri sipil pada 2018 kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

“Yang dibutuhkan sekitar 110 hingga 120 formasi, kami akan kirimkan usulan formasi yang dibutuhkan itu kepada pemerintah pusat,” kata Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Penajam Paser Utara Surodal Santoso, ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Senin.

Dari usulan tersebut, lanjutnya, bidang pendidikan menjadi prioritas utama sebab kebutuhan tenaga pendidik atau guru masih cukup banyak dan harus dipenuhi pada 2018.

BKPP Kabupaten Penajam Paser Utara memprioritaskan formasi CPNS yang diajukan untuk memenuhi kebutuhan guru di sejumlah jenjang sekolah.

Berdasarkan pendataan BKPP, kekurangan tenaga pendidik di Kabupaten Penajam Paser Utara mencapai lebih kurang 86 sampai 90 orang.

“Kebutuhan guru itu di luar guru agama untuk tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama,” ujar Surodal Santoso.

Saat ini, jumlah guru berstatus pegawai negeri sipil yang tersebar di 108 Sekolag Dasar (SD) dan 41 Sekolah Menengah Pertama (SMP) lebih kurang 1.200 orang.

“Dari jumlah usulan formasi itu, sekitar 80 persen merupakan formasi guru atau tenaga pendidik yang dibutuhkan di sejumlah SD dan SMP,” tambah Surodal Santoso.

Untuk pelaksanaan CPNS tersebut, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara telah menyiapkan anggaran melalui APBD 2018 sekitar Rp170 juta. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.