Bupati Penajam Tinjau Sejumlah Proyek Wilayah KIB

Bagus Purwa

Bupati PPU, Yusran Aspar.

Penajam, helloborneo.com – Bupati Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Yusran Aspar, Rabu, meninjau sejumlah proyek di wilayah Kawasan Industri Buluminung.

“Jalan akses menuju Pelabuhan Benuo Taka di Kawasan Industri Buluminung (KIB) terus dikerjakan,” kata Yusran Asapar kepada helloborneo.com di sela kunjungan tersebut.

Pengerjaan jalan akses yang pengerasannya menggunakan material beton (rigid beton) itu menurut bupati, kemajuannya sudah mencapai sekitar 85 persen.

“Jalan akses menuju Pelabuhan Benuo Taka terus dipacu pengerjaannya, sebab dengan terbukanya jalan akses itu akan banyak yang akan berinvestasi,” ujar Yusran Aspar.

Hal tersebut terbukti lanjut bupati, saat ini PT Waskita Karya sedang melakukan pembangunan pabrik beton pracetak (precast beton) untuk kebutuhan konstruksi.

Beton pracetak (precast beton) itu untuk kebutuhan kontruksi yang diproduksi secara khusus pada cetakan beton dengan ukuran yang sudah ditentukan.

Yusran Aspar juga menjelaskan, penyelesaian akses jalan menuju Pelabuhan Benuo Taka tersebut menggunakan dana pinjamam dari PT Sarana Multi Infrastruktur.

“Kondisi keuangan daerah tidak memungkinkan untuk menyelesaikan proyek pembangunan fisik yang sedang berjalan,” ungkapnya.

Bupati Yusran Aspar juga meninjau langsung pembangunan jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Kabupaten Penajam Paser Utara dengan Kota Balikpapan.

“Kami optimsitis pembangunan jembatan Pulau Balang akan rampung sesuai rencana yakni, pada 2019 di mana sampai saat ini kemajuan pengerjaan mencapai sekitar 50 persen,” tambahnya.

Pengerjaan bentang pendek jembatan Pulau Balang itu telah rampung, dan saat ini dalam tahap pengerjaan bentang panjang jembatan sepanjang 804 meter yang ditargetkan selesai November 2019. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.