Jalan Protokol Penajam Akan Diberi Nama

Bagus Purwa

Gerbang madani di kilometer sembilan penajam.

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan memberikan nama pada ruas jalan protokol di kabupaten itu.

“Dalam waktu dekat jalan protokol di Kabupaten Penajam Paser Utara akan diberi nama,” kata Kepala Sub Bagian Perundang-Undangan Bagian Hukum Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara M Ramli, ketika dihubungi helloborneo.com di Penajam, Minggu.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara telah mengusulkan pemberian nama jalan, khsususnya ruas jalan protokol.

“Pemberian nama jalan itu diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2017 tentang Pedoman Pemberian Nama Jalan,” ujar Ramli.

Dokumen peraturan bupati terkait pemberian nama jalan itu belum diterima bagian hukum, diperkirakan masih dibahas di Dinas Perhubungan, serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang.

Jalan protokol di Kabupaten Penajam Paser Utara yang membentang dari kilometer nol Kecamatan Penajam sampai kilometer 59 Kecamatan Babulu hingga kini masih dikenal dengan nama Jalan Provinsi.

Informasi yang diperoleh, jalan protokol mulai dari kilometer nol sampai di depan kawasan pemerintahan kilometer 9 Nipah-Nipah Kecamatan Penajam, diberi nama Jalan Jenderal Sudirman oleh Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kemudian jalan dari depan kawasan pemerintahan kilometer 9 sampai jembatan Sungai Tunan kilometer 22 diberi nama Jalan Akhmad Yani, dan dari jembatan Sungai Tunan hingga Desa Api-Api Kecamatan Waru diberi nama Jalan Jenderal S Parman.

Sedangkan jalan dari Desa Api-Api Kecamatan Waru sampai Desa Rintik Kecamatan Babulu diberi nama Jalan DI Panjaitan.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga telah memberikan nama terhadap sejumlah bangunan dan fasilitas umum di daerah setempat melalui surat keputusan kepala daerah yang diterbitkan pada 12 Mei 2017.

Sedikitnya sebanyak 15 gedung dan fasilitas umum di antaranya Masjid Agung, Terminal, Pelabuhan, Kawasan Pemerintahan serta Gedung Paripurna DPRD sudah diberi nama dengan menggunakan nama unsur lokal. (bp/hb)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *