KPU Penajam Masih Gunakan Bilik-Kotak Suara Alumunium

Ari B

Kotak Suara KPU PPU.

Penajam, helloborneo.com – Pemilihan kepala daerah serentak 2018 di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dipastikan masih menggunakan kotak dan bilik suara berbahan alumunium.

Komisioner Divisi Logistik dan Keuangan Komisi Pemulihan Umum Kabupaten Penajam Paser Utara, Suhermansyah, saat ditemui helloborneo.com di Penajam, Sabtu mengatakan, hingga saat ini belum ada petunjuk dari KPU Pusat untuk menggunakan kotak dan bilik suara berbahan kardus yang transparan dan kedap air pada pemilihan kepala daerah (pilkada) 2018.

KPU Pusat telah menyepakati penggunaan kotak dan bilik suara desain baru berbahan kardus yang transparan dan kedap air, namun menurut dia, penggantian kedua logistik tersebut masih berupa rencana.

Suhermansyah memastikan, pada pemilihan bupati dan wakil bupati serta pemilihan gubernur dan wakil guberbur yang akan digelar pada 27 Juni 2018, KPU Kabupaten Penajam Paser Utara masih menggunakan kotak dan bilik suara berbahan alumunium.

Bilik dan kotak suara berbahan alumunium yang diadakan melalui angaran APBN 2003 dan dipergunakan pertama kali saat pilkada 2004 itu tersimpan baik dalam gudang KPU Kabupaten Penajam Paser Utara.

Berdasarkan data KPU Kabupaten Penajam Paser Utara jumlah kotak suara sebanyak 1.511 buah dan bilik suara 1.620 unit. Logistik itu akan digunakan untuk kebutuhan pilkada serentak 2018.

“Setiap hari mendapat pengawasan oleh petugas, sehingga kotak dan bilik suara tidak bergerak dari tempat penyimpanan,” tegas Suhermansyah.

Ia menjelaskan, bilik dan kotak suara tersebut akan disebar ke 340 TPS (tempat pemungutan suara) yang tersebar di wilayah Penajam Paser Utara.

“Setiap TPS akan diberi dua kotak suara dan empat bilik suara untuk pelaksanaan pencoblosan Pilkada Kabupaten Penajam Paser Utara dan Pilkada Kalimantan Timur,” ujar suhermansyah.

Sedangkan untuk penggunaan bilik dan kotak suara berbahan kardus yang transparan dan kedap air tambahnya, diperkirakan untuk pelaksanaan Pemilu dan Pilpres 2019.

Alasan KPU Pusat mengganti kotak dan bilik suara berbahan alumunium menjadi berbahan kardus yang transparan dan kedap air untuk meringankan beban transportasi sehingga lebih praktis. (bp/hb)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.