KPU Penajam Intensifkan Sosialisasi Pilkada Serentak 2018

Bagus Purwa

Kantor KPU PPU.

Penajam, helloborneo.com – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mengintensifkan kegiatan sosialisasi pemilihan kepala daerah serentak yang digelar pada 27 Juni 2018 kepada masyarakat di daerah setempat.

“Kegiatan sosialisasi pilkada dilakukan di desa/kelurahan yang tersebar di empat kecamatan,” jelas Komisioner Divisi Teknis dan Penyelenggara Pemilu KPU Kabupaten Penajam Paser Utara Saharuddin Yunus, ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Senin.

Dengan waktu yang makin dekat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara terus berupaya memaksimalkan sosialisasi pilkada ke seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih untuk mendongkrak partisipasi pemilih.

“Sosialisasi itu dikhususkan kepada masyarakat yang sudah punya hak pilih, agar dapat melakukan pencoblosan pada saatnya nanti,” ujar Saharuddin Yunus.

Jumlah warga Kabupaten Penajam Paser Utara yang masuk daftar pemilih sementara (DPS) lebih kurang 120.000 orang.

“Data pemilih itu dicocokkan, diteliti dan diverifikasi ratusan petugas pemutakhiran data pemilih sebelum ditetapkan menjadi DPT (daftar pemilih tetap),” tambah Saharuddin Yunus.

KPU Kabupaten Penajam Paser Utara terus mengajak masyarakat agar menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Penajam Paser Utara, serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur yang digelar pada 27 Juni 2018.

Sosialisasi pilkada tersebut dirangkai dengan hiburan musik dan pertunjukan kesenian tradisional kuda lumping.

“Kegiatan sosialisasi pilkada serentak 2018 telah dilaksanakan di sejumlah desa/kelurahan, terus akan dilanjutkan hingga ke seluruh desa/kelurahan lainnya,” ujar Saharuddin Yunus.

Sosialisasi yang dilakukan KPU Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut bertujuan memberikan informasi dan pengumuman terkait pelaksanaan pilkada sebagai salah satu upaya meningkatkan partisipasi pemilih.

KPU Kabupaten Penajam Paser Utara berharap masyarakat yang memiliki hak pilih ikut menyukseskan Pilkada Kabupaten Penajam Paser Utara dan Pilkada Kalimantan Timur 2018.

Pilkada Kabupaten Penajam Paser Utara diikuti tiga pasangan calon, sementara Pilkada Kalimantan Timur diramaikan empat pasangan calon, yang semuanya diusung partai politik. (bp/hb)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *