Kementerian PUPR Setujui Pembangunan Jembatan Penajam-Balikpapan

Ari B

Anjungan Pantai Nipah2.

Penajam, helloborneo.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyetujui pelaksanaan proyek pembangunan jembatan tol penghubung dari titik Nipah-Nipah di Kabupaten Penajam Paser Utara menuju Melawai, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara Nicko Herlambang, saat dihubungi helloborneo.com di Penajam, Kamis, mengatakan, pelaksanaan pembangunan jembatan tol penghubung di atas Teluk Balikpapan telah disetujui Menteri PUPR Basuki Hadimuljono melalui surat Nomor JL.03.04-Mn/315 tertanggal 13 Maret 2018.

“Pembangunan jembatan tol penghubung sepanjang 7,75 kilometer dengan lebar 33 meter tersebut akan segera dilaksanakan,” katanya.

Direktur Utama Waskita Toll Road Herwidiakto juga menyatakan pembangunan jembatan dari segi penyambung jalan nasional, kelayakan dan kemampuan sudah dinilai layak, sehingga dapat segera dilaksanakan.

Jembatan tol penghubung di atas Teluk Balikpapan yang rencanannya dibangun mulai dari Pantai Nipah-Nipah, Penajam, hingga Melawai, Balikpapan itu, merupakan salah satu gagasan Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar untuk membuka akses jalan menuju Kota Balikpapan.

Jembatan tol penghubung di atas Teluk Balikpapan berdasarkan perencanaan yang masa pengerjaan pembangunannya paling lama empat tahun dengan nilai investasi lebih kurang Rp16,2 triliun itu, diperkirakan dapat dilalui sekitar 2.078 kendaraan roda empat dan 2.389 kendaraan roda dua.

Sebelum pembangunan fisik jembatan dilaksanakan, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menggelar peluncuran pembangunan jembatan tersebut pada Minggu (13/5) yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati.

“Acara peluncuran akan diisi kegiatan olahraga jalan sehat, sepeda gembira dan lari maraton. Untuk meramaikan dan menarik minat masyarakat, pemerintah kabupaten menyediakan ratusan hadiah, termasuk sepeda motor dengan hadiah utama satu unit mobil,” jelas Nicko Herlambang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak selaku pemrakarsa pembangunan jembatan direncanakan turut menghadiri peluncuran pembangunan jembatan tol penghubung Penajam-Balikpapan tersebut. (bp/hb/Adv)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.