Partisipasi Pemilih di Penajam pada Pilkada 71,34 Persen

Ari B

Ruangan Sekretaris Daerah Kabupaten PPU.

Penajam, helloborneo.com – Partisipasi politik warga yang menggunakan hak pilih di Pilkada Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur 2018 mencapai 71,34 persen dari jumlah yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 118.329 pemilih.

Tingkat kehadiran masyarakat ke TPS (tempat pemungutan suara) untuk mencoblos pada pemilihan kepala daerah 2018 relatif cukup tinggi, ujar Ketua Desk Pilkada Serentak 2018 Kabupaten Penajam Paser Utara, Tohar ketika dihubungi helloborneo.com di Penajam, Jumat.

Ia sempat mengkhawatirkan partisipasi politik warga yang menggunakan hak pilihnya pada pilkada 2018 menurun.

Namun, menurut Tohar, tingkat partisipasi politik warga Kabupaten Penajam Paser Utara hanya terpaut enam persen dibanding target tingkat partisipasi pemilih secara nasional.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat menargetkan partisipasi masyarakat yang menyalurkan hak pilihnya pada Pilkada 2018 lebih kurang 77,8 persen.

“KPU pusat secara nasional menargetkan tingkat partisipasi pemilih 77,8 persen, dan di Kabupaten Penajam Paser Utara partisipasi politik warga tercapai 71,34 persen,” kata Tohar.

Kendati tidak mencapai target nasional, kata Tohar, tingkat partisipasi politik masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara pada Pilkada 2018 sudah lebih baik.

“Dibanding Kota Balikpapan yang tingkat partisipasi pemilihnya 64,4 persen dan Kabupaten Mahulu hanya 59 persen tingkat partisipasi pemilihnya,” jelasnya.

KPU Kabupaten Penajam Paser Utara menyebar relawan demokrasi atau agen sosialisasi ke seluruh wilayah di empat kecamatan sebagai upaya meningkatkan angka partisipasi pemilih pada Pilkada 2018.

KPU Kabupaten Penajam Paser Utara juga menggelar kelas pemilu harapan dan simulator di empat kecamatan untuk meningkatkan pastisipasi pemilih pada Pilkada 2018 maupun Pemilu 2019.

Tohar yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang ikut menyukseskan proses tahapan Pilkada 2018 hingga akhir, sehingga berjalan damai dan lancar.

Kabupaten Penajam Paser Utara menggelar Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, bersamaan dengan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur, pada Rabu 27 Juni 2018. (bp/hb)

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.