BKPP Penajam Siapkan Dua Metode Tes CPNS

Ari B

Penajam, helloborneo.comBadan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menyiapkan dua metode pelaksanaan tes calon pegawai negeri sipil 2018.

Kepala BKPP PPU Surodal.

“Kami siapkan metode dengan menggunakan sistem CAT (computer assisted test) dan sistem ujian nasional berbasis komputer atau UNBK untuk seleksi CPNS,” jelas Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Penajam Paser Utara Surodal Santoso ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Kamis.

Pelaksanaan tes dengan menggunakan sistem UNBK seperti yang dilaksanakan di sekolah menurut dia, untuk menghemat biaya bagi pelamar dalam mengikuti tes CPNS (calon pegawai negeri sipil) 2018.

Tes CPNS menggunakan sistem CAT lanjut Surodal Santoso, hasilnya dapat diketahui secara online atau langsung dilihat oleh masing-masing peserta.

Sedangkan metode UNBK, ada jeda waktu untuk mengetahui hasil tes karena membutuhkan waktu proses pencetakan hasil tes dari masing-masing peserta.

“Tes CPNS menggunakan konsep UNBK layaknya di sekolah, bedanya tes CPNS terkoneksi langsung dengan jaringan Badan Kepegawaian Negara (BKN),” kata Surodal Santoso.

Sementara untuk melaksanakan tes CPNS menggunakan sistem CAT, Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan atau BKPP Kabupaten Penajam Paser Utara menunggu persetujuan BKN.

“Sampai sekarang instansi kami belum mendapatkan persetujuan terkait jaringan internet dari BKN,” ungkap Surodal Santoso.

BKN akan menentukan jadwal tes CPNS 2018 yang akan dilaksanakan di gedung Islamic Center Kabupaten Penajam Paser Utara, yang berlokasi di Kilometer 8 Kecamatan Penajam.

“Secara teknis pelaksanaan ujian CPNS di Kabupaten Penajam Paser Utara sudah siap,” tambah Surodal Santoso.

BKPP Kabupaten Penajam Paser Utara telah menyiapkan 100 komputer utama dan 20 komputer cadangan untuk menunjang pelaksanaan tes CPNS 2018. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.