Pupuk Kaltim Beri Pelatihan Penguatan Kelembagaan kepada Kelompok Tani Hutan Sumber Cahaya

Arsyad Mustar

Kelompok Tani Hutan Sumber Cahaya mengikuti Pelatihan Penguatan Kelembagaan (Fauzi/Humas Pupuk Kaltim)

Bontang, helloborneo.com – PT Pupuk Kalimantan Timur menggelar Pelatihan Penguatan Kelembagaan Kelompok Tani Hutan Sumber Cahaya, Selasa (04/12/2018), di Taman Cibodas Komplek PC VI Pupuk Kaltim.

Pelatihan tersebut berlangsung selama dua hari, yakni hingga 5 Desember 2018. Tujuannya untuk meningkatkan kekompakan Kelompok Tani Hutan Sumber Cahaya yang merupakan salah satu Kelompok Tani unggulan binaan Pupuk Kaltim.

“Diharapkan kelompok ini dapat bersama-sama mencapai satu tujuan. Agar ke depannya lebih banyak lagi inovasi dari olahan mangrove yang dapat dihasilkan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Superintendent Bina Wilayah Departemen CSR Esti Yuli Wulandari mewakili manajemen Pupuk Kaltim.

Kelompok Tani Tani Hutan Sumber Cahaya beralamat di daerah RT 25 Kelurahan Loktuan tersebut mengembangkan tanaman mangrove menjadi berbagai macam olahan. Juga melakukan pembudidayaan. Ke depannya direncanakan menjadi salah satu tempat ekowisata di Bontang.

Esti memuji perkembangan dari anggota Kelompok Tani Hutan Sumber Cahaya yang saat ini sudah lebih berkembang dalam hal personality dan organisasi. Sebelum kegiatan penguatan kelembagaan, kelompok tani tersebut telah mengikuti pelatihan tentang komunikasi.

“Hasilnya terlihat positif di anggota Kelompok Tani Hutan Sumber Cahaya. Jadi selain membibit dan menanam, juga mengembangkan tanaman mangrove yang telah ada. Semoga kelompok ini bisa kompak dan selalu bersatu untuk mengembangkan kelompoknya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Edelweiss Basecamp, Tamin yang menjadi instruktur pada kegiatan tersebut dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang diadakan Pupuk Kaltim tersebut sungguh luar biasa. Karena dengan kegiatan tersebut, ibaratnya Pupuk Kaltim memberikan pancing.

“Agar peserta dapat memancing ikan yang besar. Di mana tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan itu dan tidak semua perusahaan memberikan itu,” tukasnya.

Pemberian motivasi di awal kegiatan dan dilanjutkan dengan Outbound dalam pelatihan ini bertujuan memberikan penguatan. Juga untuk melihat potensi tiap orang yang ikut dalam pelatihan kali ini. (adv/am/tan)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.