Tiga Petahana KPU Penajam Lolos 10 Besar

Bagus Purwa

Logo KPU Kab. PPU.

Penajam, helloborneo.comTiga komisioner petahana Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, lolos 10 besar dan sekaligus memenuhi syarat untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan yang akan diselenggarakan KPU RI.

Ketiga anggota Komisi Pemiliihan Umum atau KPU Kabupaten Penajam Paser Utara yang lolos 10 besar setelah mengikuti tes kesehatan dan wawancara yang digelar Tim Seleksi Anggota KPU Wilayah II Kalimantan Timur, adalah Feri Mei Effendi, Irwan Sahwana serta Tono Sutrisno.

Tujuh calon komisioner KPU Kabupaten Penajam Paser Utara lainnya, Adi Fitriansyah, Muhamad Haslan, Mochamad Misran, Muhamad Nurdiansyah, Muhammad Amin, Rusmansyah, serta Wiwik Susiati juga dinyatakan lolos 10 besar oleh Tim Seleksi Anggota KPU Wilayah II Kalimantan Timur.

“Tiga anggota KPU Kabupaten Penajam Paser Utara lolos 10 besar, sedangkan tujuh orang lainnya merupakan wajah baru dengan berbagai latar belakang pekerjaan, termasuk PNS (pegawai negeri sipil),” kata Ketua Tim Seleksi Anggota KPU Wilayah II Kalimantan Timur Haerul Anwar ketika dihubungi helloborneo.com dari Penajam, Sabtu.

Ia mengatakan, penetapan 10 besar calon anggota KPU yang berhak mengikuti uji kelayakan dan kepatutan setelah melalui pleno lima anggota Tim Seleksi Anggota KPU Wilayah II Kalimantan Timur pada Kamis, 13 November 2018, kemudian diterbitkan Surat Nomor 17/PP.06-Pu/64/Timsel-2/Kab-Kota/XII/2018.

Dalam surat itu menyebutkan nama-nama calon komisioner KPU yang dinyatakan lulus tes kesehatan dan wawancara selanjutnya berhak mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

Selain mengumumkan nama-nama calon anggota KPU Kabupaten Penajam Paser Utara, dalam surat tersebut juga diumumkan nama-nama calon komisioner KPU Kabupaten Paser, Kabupaten Mahakam Ulu, Kabupaten Kutai Barat, serta Kota Balikpapan lolos 10 besar yang berhak mengikuti uji kelayakan dan kepatutan.

Mengenai jadwal diselenggarakan uji kelayakan dan kepatutan bagi calon anggota KPU kabupaten/kota periode 2018-2023 yang lolos 10 besar tersebut lanjut Haerul Anwar, masih menunggu pemberitahuan lebih lanjut dari KPU RI.

“Waktu dan tempat uji kelayakan akan ditentukan kemudian, pemberitahuan jadwal dan tempat uji kelayakan dan kepatutan dapat dilihat pada http://kaltim.kpu.go.id,” ujarnya.

“Pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan bagi 10 besar, bukan lagi kewenangan Tim Seleksi Anggota KPU Wilayah II Kalimantan Timur, tetapi sudah kewenangan KPU RI berdasarkan Peraturan KPU Nomor 35 Tahun 2018,” jelas Haerul Anwar.

Penetapan lima besar anggota KPU kabupaten/kota melalui uji kelayakan dan kepatutan itu juga sesuai Keputusan KPU RI Nomor 252/PP.06-Kpt/05/KPU/III tentang Petunjuk Teknis Seleksi Anggota KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Haerul Anwar menegaskan, penyampaian nama-nama 10 besar calon anggota KPU kabupaten/kota periode 2018-2023 yang lolos 10 besar tersebut setelah melalui beberapa tahapan seleksi yang dilakukan Tim Seleksi Anggota KPU Wilayah II Kalimantan Timur.

Tahapan yang dilaksanakan Tim Seleksi Anggota KPU Wilayah II Kalimantan Timur sebelum menetapkan 10 besar calon komisioner KPU kabupaten/kota itu mulai dari penelitian administrasi, tes tertulis, tes psikologi, tes kesehatan dan wawancara, serta klarifikasi dan tanggapan masyarakat. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.