Informasi-Komunikasi Beri Dukungan Terbesar Pertumbuhan Ekonomi Penajam

Bagus Purwa

Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Penajam Paser Utara, Syahruni.

Penajam, helloborneo.com – Kinerja sektor informasi dan komunikasi memberikan dukungan terbesar sehingga ekonomi Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, tumbuh positif mencapai sebesar 2,34 persen.

“Kalau gambaran tren pertumbuhan positif, artinya pergerakan ekonomi di Kabupaten Penajam Paser Utara mulai bangkit,” jelas Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Penajam Paser Utara Syahruni ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Rabu.

Kondisi itu menurut dia, disebabkan pertumbuhan cukup besar di sektor informasi dan komunikasi, di mana sektor informasi dan komunikasi merupakan sektor dominan pembentukan Produksi Domestik Regional Bruto atau PDRB.

Tahun sebelumnya pertumbuhan ekonomi Kabupaten Penajam Paser Utara menunjukkan tren negatif hanya 0,45 persen, disebabkan turunnya produksi di sektor pertambangan dan penggalian.

“Terdapat 17 sektor yang mendukung laju pertumbuhan ekonomi, sektor informasi dan komuniksai memberikan dukungan terbesar pada laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Penajam Paser Utara,” ujar Syahruni.

Untuk struktur perekonomian lanjut ia, laju pertumbuhan terbesar di sektor informasi dan komunikasi memiliki kontribusi hingga 8,85 persen, sektor yang berkontribusi kedua terbesar mencapai 6,85 persen dari sektor pengolahan air, sampah, limbah dan daur ulang.

Pertumbuhan yang menonjol lainnya adalah sektor hotel dan restoran mencapai 6,77 persen, jasa lainnya 6,38 persen, kontruksi 6,26 persen, transportasi dan pergudangan 6,22 persen, serta sektor pengadaan listrik dan gas 6,04 persen.

Sedangkan laju pertumbuhan sektor pertambangan dan penggalian 2,01 persen, dan pertumbuhan sektor pertanian, kehutanan dan perkebunan hanya 0,24 persen.

“Masih ada sektor pendukung laju pertumbuhan ekonomi yang pertumbuhannya menunjukkan tren negatif, yakni jasa keuangan dan asuransi -1,34 persen dan administrasi keuangan pemerintahan, pertanahan dan jaminan sosial -1,32 persen,” tambah Syahruni.

Ia menjelaskan, pertumbuhan sektor pertanian dan perkebunan di Kabupaten Penajam Paser Utara masih tergantung dari musim, sehingga pada musim kemarau menunjukkan tren negatif dan pada musim hujan sektor pertanian dan perkebunan tumbuh positif.

“Kami harapkan tahun berikutnya pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Penajam Paser Utara terus menunjukkan tren positif, apalagi masuk musim hujan bisa mendukung pertumbuhan sektor pertanian dan perkebunan,” ucap Syahruni. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.