Tidak Ada Pembangunan RKB Di Penajam Pada 2019

Ari B

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara, Marjani (helloborneo.com)

Penajam, helloborneo.com – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, memastikan tidak ada pembangunan ruang kelas baru pada 2019, sebab kondisi keuagan pemerintah kabupaten setempat tidak mencukupi.

“Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga atau Disdikpora tidak mengaloksikan anggaran untuk pembangunan RKB (ruang kelas baru) pada tahun anggaran 2019,” ungkap Kepala Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara Marjani ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Jumat.

“Salah satu tidak dialokasikan anggaran pembangunan RKB pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah atau APBD 2019 itu, dikerenakan kondisi keuangan daerah,” ujarnya lagi.

Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara saat ini masih kekurangan 25 ruang kelas baru mulai jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama.

“Masih ada sekolah yang membuka kelas paralel, di mana proses belajar mengajar dibagi dua, sebagian murid masuk pagi dan sebagian lagi masuk siang,” jelas Marjani.

Kalau dihitung menurut dia, masih kekurangan 25 RKB untuk sejumlah sekolah di empat kecamatan, namun pembangunan RKB itu tidak dapat dilaksanakan pada 2019 karena minimnya anggaran.

Untuk setiap pembangunan ruang kelas baru di sekolah-sekolah tersebut lanjut Marjani, dibutuhkan anggaran lebih kurang Rp325 juta.

Sementara anggaran Disdikpora Kabupaten Penajam Paser Utara pada 2019 hanya sekitar Rp225 miliar, termasuk belanja pegawai.

“Disdikpora hanya alokasikan anggaran pemeliharaan ruang kelas mulai jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama pada 2019,” kata Marjani.

Target pemeliharan tersebut tambahnya, akan dilakukan untuk 10 hingga 15 ruang kelas di sekolah-sekolah jenjang pendidikan dasar dan menengah pertama yang tersebar di empat kecamatan.

“Pemeliharaan atau perbaikan ruang kelas pada 2019 diprioritaskan untuk sekolah dasar di wilayah Kecamatan Babulu,” ucap Marjani. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.