“Asesment” Pejabat Penajam Dipercepat Persiapan Mutasi.

Ari B

Asisten III Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Setkab PPU, Alimuddin.

Penajam, helloborneo.com – Pelaksanaan uji kompetensi jabatan atau “assessment” bagi pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dipercepat sebagai persiapan mutasi atau penyegaran organisasi pemerintahan kabupaten setempat yang dijadwalkan digelar Maret 2019.

“Kemungkinan uji kompetensi jabatan dilaksanakan pada pekan ketiga Januari 2019,” ujar Asisten III Bidang Admnistrasi Umum dan Keuangan Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara Alimuddin ketika ditemui helloborneo.com di Penajam, Rabu.

“Assessment” bagi pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara bakal dipercepat untuk memenuhi database jabatan sesuai arahan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Uji kompetensi jabatan tersebut jelas Alimuddin, selain untuk mengumpulkan data dan informasi mengenai kemampuan pajabat, juga sebagai persiapan penyegaran organisasi pemerintahan Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Hasil uji kompetensi jabatan itu, selain untuk data dan informasi kemampuan masing-masing pejabat, juga sebagai persiapan penyegaran organisasi atau mutasi yang akan dilaksanakan Maret 2019,” katanya.

“Assessment” bagi pejabat pertama pada 2019 menurut Alimuddin, khusus bagi pejabat eselon IIIA dan IIIB, serta pejabat eselon IV di seluruh OPD (organisasi perangkat daerah) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pegawai Humas Setkab PPU.

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan atau BKPP Kabupaten Penajam Paser Utara telah melakukan koordinasi dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait pelaksanaan uji kompetensi jabatan tersebut.

“BKPP telah berkoordinasi dengan BKN, serta menyiapkan mekanisme pelaksanaan ‘assessment’ bagi pejabat eselon IIIA, IIIB dan eselon IV itu,” ucap Alimuddin.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara telah mengalokasikan anggaran pelaksanaan uji kompetensi jabatan pada Anggaran Pendapatan Belanja atau APBD 2019 lebih kurang Rp300 juta.

“Anggaran ‘assessment’ bagi pejabat itu bersumber dari APBD Kabupaten Penajam Paser Utara, anggaran yang disediakan sekitar Rp300 juta,” ungkap Alimuddin.

Uji kompetensi jabatan yang ditargetkan diikuti 100 pejabat eselon IIIA, IIIB serta eselon IV tersebut akan digelar di Kantor Bupati Penajam Paser Utara, untuk menghemat anggaran pemerintah kabupaten. (bp/hb)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.