Kementerian ESDM Beri Penajam 200 Lampu Tenaga Surya

Ari B

Penajam, helloborneo.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM memberikan bantuan 200 lampu penerangan jalan umum tenaga surya untuk desa dan kelurahan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Lampu PJU Solar Cell.

Bantuan lampu penerangan jalan umum atau PJU untuk setiap desa dan kelurahan tersebut disampaikan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara Ahmad Usman ketika dihubungi helloborneo.com, Sabtu.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara akan menerima bantuan 200 unit lampu PJU tenaga surya dari Kementerian ESDM itu, diperkirakan pada Juli atau Agustus 2019.

“Lampu PJU bantuan Kementerian ESDM yang akan dipasang di jalan desa dan kelurahan menggunakan sistem tenaga surya (solar cell),” jelas Ahmad Usman.

Kabupaten Penajam Paser Utara pada 2018, juga mendapatkan 120 tiang lampu untuk penerangan jalan lingkungan di wilayah desa dan kelurahan.

Lampu PJU tenaga surya dari Kementerian ESDM tersebut menurut Ahmad Usman, diprioritaskan untuk wilayah desa dan kelurahan yang belum teraliri listrik dari PLN.

“Sebagai prioritas, bantuan lampu PJU itu diberikan kapada wilayah desa dan kelurahan yang belum dialiri listrik PLN,” ujarnya.

Indikator bantuan penerangan di Kabupaten Penajam Paser Utara lanjut Ahmad Usman, karena belum meratanya penerangan umum akibat terkendala anggaran yang terbatas.

Proyek pemasangan lampu PJU tenaga surya tersebut dilelang di Jakarta, setalah lelang rampung langsung dibagikan kepada masing-masing desa dan kelurahan.

“Diperkirakan lampu PJU dari Kementerian ESDM akan disalurkan kepada desa dan kelurahan empat atau lima bulan lagi, menunggu proses lelang selesai,” kata Ahmad Usman.

“Desa dan kelurahan yang akan mendapatkan bantuan lampu PJU tenaga surya dari Kementerian ESDM itu yang telah mengajukan permohonan kepada kecamatan atau pemerintah kabupaten,” ucapnya. (Adv/bp/hb)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.