Dewan Apresiasi Program Pelatihan Kader Posyandu

Arsyad Mustar

Bontang, helloborneo.com – Program pelatihan kader Posyandu mendapat apresiasi dan dukungan dari Ketua Komisi I DPRD Bontang, Agus Haris. Sebab, pelatihan ini dianggap dapat meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

Politikus Partai Gerindra tersebut menyampaikan, dengan pelatihan ini pengetahuan dan kemampuan para kader posyandu semakin meningkat. Sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada para bayi dan balita.

“Diharapkan posyandu Bontang dapat menjalankan tugasnya dengan baik,” ujar Agus saat menghadiri pembukaan pelatihan kader di Gedung 3D Pemkot Bontang, Selasa (12/03/2019).

Kata Agus, posyandu merupakan salah satu tempat bagi ibu dan balita untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, serta untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan balita, sekaligus memberi imunisasi dan peningkatan gizi, serta penyuluhan dan konseling.

Dengan demikian, melalui pelatihan ini peserta dapat menjadi fasilitator dan dinamisator berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan, serta dapat meningkatkan kualitas pelayanan. Kemudian untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan berbagai program.

Sementara itu, Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni menjelaskan bahwa kegiatan pelatihan merupakan upaya peningkatan mutu dan kualitas pelayanan di Posyandu. Tidak hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah dan para kader Posyandu saja, akan tetapi merupakan tugas dan tanggung jawab bersama semua pihak.

“Tapi pemerintah dan seluruh lapisan warga masyarakat juga harus turut terlibat,” imbuh mantan anggota DPR RI itu.

Kata Dia, setidaknya terdapat tiga tugas Posyandu yang menjadi mimpi besar yang harus diwujudkan oleh para Kader Posyandu khususnya di Kota Bontang, yakni proses persalinan ditagani oleh tenaga kesehatan, semua anak harus mendapatkan imunisasi yang lengkap, serta yang paling penting PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), supaya menjadi budaya di masyarakat. (adv/mam/tan)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.