Kodim Penajam Wujudkan Jalan Baru Dambaan Warga

Bagus Purwa

Jalan penghubung antara Desa Argomulyo dengan Tengin Baru, program TMMD Reguler 104 Kodim 0913 Penajam Paser Utara, mulai dilalui warga dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Penajam, helloborneo.com – Program TNI Manunggal Membangun Desa Reguler 104 Komado Distrik Militer 0913/Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, wujudkan akses jalan baru dambaan warga yang menghubungkan Desa Argomulyo dengan Tengin Baru, Kecamatan Sepaku.

Sejumlah warga yang berhasil ditemui helloborneo.com, Selasa, mengatakan, sudah lama warga mendambaakan adanya akses jalan penghubung antardesa yang layak, dan dapat memangkas waktu tempuh warga Desa Argomulyo maupun warga Desa Tengin Baru.

Warga merasa sangat terbantu dengan adanya peningkatan jalan sepanjang 4,7 kilometer dengan lebar 8 meter yang dikerjakan prajurit TNI Komando Distrik Militer atau Kodim 0913/Penajam Paser Utara tersebut.

Terutama untuk pergi ke kebun dan mengangkut hasil perkebunan, serta para pelajar yang setiap hari berangkat dan pulang sekolah lebih dekat dengan adanya jalan penghubung antardesa itu, warga sangat senang dan berterima kasih kepada TNI.

“Sebelum ada peningkatan jalan membawa hasil panen hanya bisa dilakukan dengan kendaran roda dua, tapi nanti bisa mengangkut hasil panen dengan kendaraan roda empat,” ujar Sardi, salah satu warga Desa Argomulyo.

Jalan antardesa yang dikerjakan secara gotong royong bersama unsur Polri dan masyarakat tersebut mulai dilalui warga dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat kedua desa di Kecamatan Sepaku tersebut.

Eko, salah satu pelajar SMA Negeri 3 Desa Tengin  Baru menyatakan, sebelum adanya jalan penghubung antasdesa itu jarak yang harus ditempuh lebih kurang 15 kilometer perjalanan dari rumah sampai ke sekolah.

Lokasi TMMD di Sepaku.

“Tapi sekarang melalui jalan penghubung antardesa yang dikerjakan bapak-bapak tentara, saya hanya menempuh enam kilometer untuk sampai ke sekolah,” ucapnya.

“Kami kerja demi membantu rakyat yang berada di daerah, kami kerja dengan penuh semangat. Sebagai prajurit TNI wajib membantu kesulitan rakyat di sekitar,” tegas Serma Bambang, salah satu Satgas TMMD ketika ditemui terpisah.

Berkat program TMMD reguler 104 Kodim 0913/Penajam Paser Utara kini warga tidak lagi kesulitan untuk melintas, sebab prajurit TNI bersama masyarakat bahu membahu membuka akses jalan yang dulunya sulit dilalui.

Pembukaan jalan antardesa yang menghubungkan Desa Argomulyo dengan Tengin Baru tersebut bukan saja memangkas jarak tempuh, tetapi juga diyakini berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi atau peningkatan ekonomi masyarakat perdesaan. (bp/hb)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.