BNK Penajam Akan Tes Urine Dadakan Seluruh PNS

Ari B

Penajam, helloborneo.com – Badan Narkotika Kabupaten atau BNK Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan melaksanakan tes urine dadakan bagi seluruh pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintah kabupaten setempat.

Dokumentasi Pemeriksaan Urine di Kantor Bupati PPU.

“Tahun ini (2019) target pemeriksaan tes urine bukan saja THL (tenaga harian lepas) tetapi juga PNS (pegawai negeri sipil),” ungkap Anggota BNK Penajam Paser Utara Denny Handayansyah ketika ditemui helloborneo.com, Jumat.

“Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau P3K juga akan menjalani pemeriksaan urine, jadi semua pegawai wajib tes urine,” ujarnya.

Program kerja 2019 lanjut Denny Handayansyah, termasuk memastikan ribuan PNS atau aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara bebas narkoba.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, BNK Penajam Paser Utara akan memeriksa urine PNS atau ASN, termasuk P3K pada saat yang tidak ditentukan dan tidak diketahui waktunya.

“Tes urine secara dadakan itu dilakukan di masing-masing SKPD (satuan kerja perangkat daerah) atau organisasi perangkat daerah (OPD),” ucap Denny Handayansyah.

Pemeriksaan urine bagi ASN atau PNS, termasuk P3K dan pejabat tersebut tegasnya, dijadwalkan dilaksanakan rutin dan dadakan di setiap SKPD atau OPD pada tahun ini (2019).

BNK Penajam Paser Utara menurut Denny Handayansyah, telah berkoordinasi dengan kepolisian menyangkut tes urine tersebut, namun untuk jadwal pemeriksaan urine masih dirahasiakan.

Wakil Bupati PPU, Hamdam.

Program pemeriksaan urine bagi seluruh ASN atau PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut dijelaskan Wakil Bupati PPU, Hamdam merupakan kesepakatan antara kepala daerah dengan BNK untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan pegawai.

Tes urine menurut Hamdam penting untuk membuat lingkungan pemerintahan bersih dari narkoba, memastikan pejabat dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara bebas dari narkoba.

Kabupaten Penajam Paser Utara yang wilayahnya berbatasan dengan Kota Balikpapan dan Kabupaten Paser, merupakan daerah yang rawan peredaran narkoba. (Adv/bp/hb)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.