Permintaan Pembuatan Akta Kelahiran Di Penajam Melonjak

Ari B

Kepala Disdukcapil PPU, Suyanto.

Penajam, helloborneo.com – Permintaan pembuatan akte kelahiran di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sejak awal 2019 melonjak atau mengalami peningkatan, kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat Suyanto.

“Permintaan masyarakat untuk pembuatan akta kelahiran mulai meningkat sejak awal tahun ini (2019),” ungkap Suyanto ketika ditemui helloborneo.com, Jumat.

Dalam satu hari menurut dia, permintaan pembuatan akta kelahiran di Kantor Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara mencapai 50 hingga 75 lembar.

“Dalam sehari tidak kurang dari 75 akta kelahiran yang diterbitkan Disddukcapil, jumlah itu lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Kesadaran masyarakat melakukan pengurusan akta kelahiran tersebut lanjut Suyanto, salah satunya dipengaruhi banyaknya pengajuan Isbat Nikah ke Pengadilan Agama.

Akta kelahiran tersebut menurut dia, juga untuk mengurus pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA), mengurus pernikahan sampai pembuatan paspor.

Selain meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya administrasi kependudukan jelasnya, peningkatan tersebut juga dipengaruhi upaya “jemput bola” di desa dan kelurahan.

“Petugas Kami terus melakukan upaya ‘jemput bola’ ke desa dan kelurahan melayani masyarakat mengurus administrasi kependudukan,” ucap Suyanto.

Untuk penerbitan akta kelahiran usia di bawah 18 tahun di Kabupaten Penajam Paser Utara hingga saat ini mencapai sekitar 92 persen.

Namun sebaliknya tambah Suyanto, pembuatan akta kematian belum meningkat, dalam satu hari Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara hanya mengeluarkan 5 sampai 10 lembar.

“Kemugkinan ada orang meninggal tidak dilaporkan ke Disdukcapil, atau biasanya akta kematian baru diurus keluarga yang ditinggal saat diperlukan,” ungkapnya. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.