Ratusan Anggota TNI/Polri Jaga Rekapitulasi Suara Kabupaten Penajam

Ari B


Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara, Salman.

Penajam, helloborneo.com – Ratusan anggota TNI/Polri akan melakukan penjagaan ketat untuk mengamankan pelaksanaan rekapitulasi hasil penghitungan surat suara pemilihan umum tingkat Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mulai 4 Mei mendatang.

“Lokasi rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 akan dijaga ketat ratusan personel TNI/Polri,” kata Sekretaris Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara Salman ketika dihubungi helloborneo.com, Rabu.

Jumlah personel keamanan yang akan diterjunkan mengamankan rekapitulasi penghitungan surat suara tingkat Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut sebanyak 270 orang, terdiri atas 220 anggota polres setempat.

Selain itu, didukung 50 prajurit Komando Distrik Militer atau Kodim 0913/Penajam Paser Utara. Mereka disiagakan mulai 3 April 2019 hingga rekapitulasi penghitungan surat suara Pemilu 2019 rampung.

“Tiga ring pengamanan yang disiapkan antisipasi kerawanan saat pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara di Graha Pemuda Pangeran Singa Negara kilometer 9 Kecamatan Penajam,” ujar Salman.

Pelaksanaan pengamanan tidak hanya di dalam gedung, tetapi juga di luar ruangan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan terjadi gangguan keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan rekapitulasi penghitungan surat suara.

Sistem pengamanan rekapitulasi penghitungan surat suara pemilu tersebut, menurut Salman, dibagi tiga, yakni pertama di pintu masuk, kemudian di areal lobi,  serta di dalam gedung.

“Persiapan pengamanan kami maksimalkan agar tahapan akhir Pemilu 2019 di tingkat kabupaten bisa berjalan aman, lancar, dan sukses,” ucapnya.

Selain mempersiapkan keamanan, KPU Kabupaten Penajam Paser Utara juga mempersiapkan rekapitulasi penghitungan surat suara Pemilu 2019 lainnya, termasuk menyebarkan lebih kurang 220 undangan.

Tamu undangan yang akan hadir, lanjut Salman, meliputi pejabat pemerintahan, badan pengawas pemilihan umum (bawaslu), panitia pemilihan kecamatan (PPK), serta saksi-saksi dari partai politik.

Seluruh kotak suara berisi surat suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI, Pemilu Anggota DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota hasil rekapitulasi pengitungan empat kecamatan sudah digeser dan diamankan di Kantor KPU Kabupaten Penajam Paser Utara. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.