Penajam Berupaya Tingkatkan PAD Bentuk Perusda Baru

Ari B

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setkab PPU, Ahmad Usman.

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, berupaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dengan membentuk perusahaan daerah atau Perusda baru.

“Pemerintah kabupaten bakal membentuk perusda baru sebagai upaya meningkatkan PAD,” jelas Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara Ahmad Usman ketika ditemui helloborneo.com, Rabu.

Perusda Benuo Taka yang ada saat ini dinilai terlalu gemuk, sehingga sulit untuk meningkatkan PAD Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pembentukan perusda baru tersebut menurut Ahmad Usman, berdasarkan hasil evaluasi terhadap kinerja Perusda Benuo Taka.

“Evaluasi kinerja Perusda Benuo Taka itu sebagai upaya meningkatkan PAD daerah Kabupaten Penajam Paser Utara,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara berencana segara membentuk perusda baru, dan penyusunan regulasi pembentukan tengah dilakukan.

Perusda yang akan bentuk tersebut lanjut Ahmad Usman, mengelola aneka usaha, mulai bidang pertanian, peternakan hingga properti.

Selain tiga bidang itu, perusda baru juga menangani menyangkut sambungan aliran gas ke rumah warga Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pengelolaan bidang pertanian selain untuk meningkatkan PAD, juga untuk mengendalikan harga gabah petani di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Hasil panen padi para petani Kabupaten Penajam Paser Utara lebih banyak dibeli tengkulak dengan harga yang kurang menguntungkan bagi petani.

Gabah hasil panen lebih banyak dibawa ke Kalimantan Selatan dan setelah dikonversi menjadi beras, didistribusikan kembali ke Kabupaten Penajam Paser Utara dengan harga yang lebih tinggi.

Penanganan pasca panen petani belum diperhatikan sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, sehingga hasil pertanian tidak seimbang dengan modal yang dikeluarkan petani. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.