Arus Mudik Melalui Jalur Laut Di Penajam Lancar

Bagus Purwa

Jasa Penyeberangan Laut Perahu Speedboat dan Klotok di Penajam.

Penajam, helloborneo.com – Suasana arus mudik melalui jalur laut di wilayah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada satu hari menjelang Lebaran 2019 berlangsung aman dan lancar.

Dari pantuan helloborneo.com, Selasa, kendati dipadati penumpang arus balik suasana di pelabuhan klotok (kapal kayu), “speedboat” dan penyeberangan feri Kabupaten Penajam Paser Utara terlihat lancar dan tertib.

Data pada Pos Pengamanan Lebaran 2019 di pelabuhan mencatat, arus mudik didominasi penumpang dari Kota Balikpapan menuju Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara, Fernando Hutagalung ketika dihubungi mejelaskan berdasarkan laporan dari petugas, seluruh moda transportasi laut relatif aman.

“Seluruh angkutan laut yang beroperasi sejauh ini situasinya aman dan belum ada kejadian luar biasa,” jelasnya.

Terdata arus mudik Lebaran yang menggunakan jasa transportasi penyeberangan feri, “speedboat” dan klotok didominasi penumpang dari Kota Balikpapan menuju Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Kebanyakan penumpang arus mudik melalui jalur laut dari Kota Balikpapan menuju Kabupaten Penajam Paser Utara,,” ujar Fernando Hutagalung.

Kepala PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Feri Indonesia Cabang Kabupaten Penajam Paser Utara, Rahmat saat dihubungi terpisah juga mengatakan, arus mudik didominasi penumpang dari Kota Balikpapan menuju Kabupaten Penajam Paser Utara.

Berdasarkan pemantauan Pos Pengamanan Lebaran 2019 di pelabuhan, penumpang angkutan “speedboat”, klotok dan kapal feri terlihat cukup ramai pemudik berlangsung sejak Senin (3/6).

Selain petugas keamanan, selama arus mudik maupun balik Lebaran di pos pengamanan di wilayah pelabuhan klotok, “speedboat” dan pelabuhan penyeberangan feri juga dilengkapi obat-obatan dan tenaga medis.

Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara menyiapkan armada laut yang laik jalan sebanyak 180 unit “speedboat dan 42 klotok, dan PT ASDP menyiapkan 16 kapal feri untuk melayani penumpang pada arus mudik maupun balik Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.(bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.