Penajam Dapat Bantuan Benih Padi Unggulan 6.500 Hektare

Ari B


Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara Bambang Marjuki.

Penajam, helloborneo.com – Sekitar 6.500 hektare lahan persawahan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mendapat bantuan benih padi unggulan program pemerintah pusat 2019.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara Bambang Marjuki saat ditemui helloborneo.com, Jumat mengatakan, bantuan benih atau bibit padi disalurkan melalui kelompok tani.

“Bantuan benih padi dari pemerintah pusat untuk luasan 6.500 hektare sawah itu sudah dibagikan kepada petani di empat kecamatan,” jelasnya.

Bantuan benih padi unggulan yang diberikan pemerintah pusat tersebut disalurkan langsung melalui masing-masing kelompok tani.

Benih padi unggulan yang disalurkan pemerintah pusat kepada petani di Kabupaten Penajam Paser Utara menurut Bambang Marjuki, jenis Gogo dan Hibrida.

“Kedua jenis bibit padi itu memiliki daya tahan terhadap kondisi kering, cocok untuk ditanam di lahan sawah di wilayah Penajam Paser Utara,” katanya.

Lahan persawahan di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut Bambang Marjuki, mayoritas merupakan sawah tadah hujan.

“Setiap hektare sawah diberikan 25 sampai 30 kilogram benih padi unggulan jenis gogo dan hibrida itu,” ungkapnya.

Selain benih padi unggulan, pemerintah pusat juga menyalurkan bantuan kapur pertanian atau dolomit untuk mengatasi serangan hama dan penyakit.

Bantuan bibit padi unggulan jenis gogo dan hibrida, serta kapur pertanian tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan belanja Negara atau APBN.

Bantuan dari pemerintah pusat itu untuk meningkatkan hasil produksi padi dalam mewujudkan swasembada pangan nasional. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.