Dinas Pertanian Penajam Jamin Kesehatan Hewan Kurban

Bagus Purwa


Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara, Arief Murdiyatno.

Penajam, helloborneo.com – Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menjamin kesehatan hewan kurban yang dijual para pedagang musiman lokal maupun dari luar untuk keperluan Idul Hari Raya Adha di daerah itu.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara, Arief Murdiyatno saat dihubungi helloborneo.com, Sabtu, menyatakan pihaknya telah menurunkan tim mengecek kesehatan hewan kurban baik sapi maupun kambing.

“Pemeriksaan itu dilakukan untuk memastikan hewan kurban yang dijual para pedagang, tidak terkena penyakit dan layak dikonsumsi. Hasil pengecekan pada umumnya kondisi hewan kurban layak konsumsi,” katanya.

Tim yang terdiri dari seluruh petugas kesehatan hewan Dinas Pertanian, serta penyuluh pertanian lapangan tersebut melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban sejak sepekan menjelang Idul Adha 1440 Hijriah.

Tim pemeriksa tersebut menurut Arief Murdiyatno, mendatangi sejumlah lokasi penjualan hewan kurban untuk melakukan pengecekan kesehatan, termasuk memeriksa surat dari daerah asal hewan kurban, jika didatangkan dari luar Kabupaten Penajam Paser Utara.

Ia mengatakan pemeriksaan hewan kurban dilakukan dengan mendatangi tempat-tempat penjualan hewan kurban kemudian melihat satu persatu secara fisik, serta memeriksa dokumen kesehatan dan karantina dari daerah asal.

“Kami juga melakukan pengecekan hewan kurban yang telah berada di tempat pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, seperti di masjid, instansi pemerintahan dan swasta, sekolah serta lokasi lainnya yang digunakan untuk pemotongan hewan kurban,” ujar Arief Murdiyatno.

Menurut dia, dilibatkan penyuluh pertanian lapangan dalam tim pengecekan kesehatan hewan kurban  agar memantau hewan kurban yang tersebar di desa dan kelurahan di wilayah kerja masing-masing.

Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara, juga menyiagakan 30 petugas pemantau pemotongan hewan kurban di masing-masing kecamatan.

“Tim itu bertugas memantau kesehatan hewan maupun produk daging yang dihasilkan dari kegiatan penyembelihan di masyarakat,” kata Arief Murdiaytno.

Untuk kebutuhan Hari Raya Kurban 2019, Dinas Pertanian Kabupaten Penajam Paser Utara juga menjamin ketersediaan hewan kurban baik sapi maupun kambing mencukupi. (bp/hb)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.