Memerangi Kegelapan di Wilayah Calon Ibu Kota Baru Terus Berlanjut

Ari B

Rapat Program PPU Bersinar Tahap Dua.

Penajam, helloborneo.com – Memerangi kegelapan di rumah-rumah penduduk yang belum teraliri listrik di Kabupaten Penajam Paser Utara yang telah ditetapkan sebagai calon ibu kota negara yang baru di Provinsi Kalimantan Timur, melalui program Penajam Paser Utara Bersinar terus berlanjut.

Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara, Ahmad Usman saat ditemui helloborneo.com, menyatakan program untuk memerangi kegelapan di rumah-rumah masyarakat yang belum mendapat sambungan aliran listrik dari PLN terus berjalan.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menurut Ahmad Usman, membagikan sebanyak 157 paket lampu LED yang dapat diisi ulang menggunakan aki kepada penduduk yang rumahnya belum mendapat sambungan listrik dari PLN di wilayah Kecamatan Penajam dan Waru.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara juga telah membagikan ratusan paket lampu LED yang dapat diisi ulang menggunakan aki kepada penduduk yang rumahnya belum mendapat sambungan listrik dari PLN di daerah itu.

Program Penajam Paser Utara Bersinar gagasan Bupati Abdul Gafur Mas’ud tersebut selanjutnya diutamakan di rumah-rumah warga yang belum teraliri listrik di wilayah Kelurahan Sotek dan Sepan Kecamatan Penajam.

“Kelurahan Sotek mendapat jatah paket lampu LED isi ulang sebanyak 90 rumah, sedangkan di Kelurahan Sepan untuk 30 rumah,” ujar Ahmad Usman.

Satu paket lampu LED tersebut berisi satu buah aki sebagai sumber tenaga listrik, lima buah lampu hemat energi dengan kapasitas masing-masing lampu 1 watt, saklar serta kabel sepanjang 25 meter.

Masyarakat tidak menggunakan aliran listrik dari PLN untuk penerangan, tetapi aliran listrik dari aki yang disalurkan melalui saklar ke lampu.

Namun paket bantuan yang diberikan berbeda dengan sebelumnya jelas Ahmad Usman, paket bantuan lampu LED kali ini isi ulangnya lebih praktis karena tanpa menggunakan aki.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menargetkan seluruh rumah-rumah penduduk di Kabupaten Penajam Paser Utara yang belum teraliri listrik terbebas dari kegelapan.

“Ditargetkan sebanyak 682 rumah yang belum mendapat sambungan aliran listrik dari PLN terpasang lampu LED isi ulang pada 2020,” ucap Ahmad Usman. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.