Calon Ibu Kota Negara Berencana Bangun Gedung Perpustakaan

Bagus Purwa

Dok. Bazar Buku Murah di Islamic Center Penajam.

Penajam, helloborneo.com – Kabupaten Penajam Paser Utara yang telah ditetapkan sebagai calon ibu kota negara yang baru di Provinsi Kalimantan Timur, berencana membangun gedung perpustakaan untuk meningkatkan minat baca masyarakat.

“Perpustakaan sangat perlu dibangun di Kabupaten Penajam Paser Utara,” tegas Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Penajam Paser Utara, Ridwan Effendi ketika ditemui helloborneo.com, Jumat.

Gedung perpustakaan menurut dia, harus ada di Kabupaten Penajam Paser Utara, apalagi telah ditetapkan sebagai calon ibu kota negara Indonesia yang baru menggantikan Jakarta.

“Kami sudah melapor kepada kelapa daerah untuk percepatan proses pembangunan perpustakaan itu, dan rencananya gedung perpustakaan akan dibangun pada 2020,” ujar Ridwan Effendi.

Gedung perpustakaan Kabupaten Penajam Paser Utara tersebut akan dibangun di atas lahan seluas dua hektare yang berada di wilayah Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam.

Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Penajam Paser Utara jelas Ridwan Effendi, telah memiliki perencanaan (masterplan) pembangunan gedung perpustakaan itu.

“Kami sudah usulkan anggaran untuk pembangunan gedung perpustakaan Kabupaten Penajam Paser Utara lebih kurang Rp10 miliar melalui dana alokasi khusus,” ucapnya.

Apabila anggaran Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara tidak mencukupi kata Ridwan Effendi, akan mengajukan anggaran pembangunan gedung perpustakaan kepada pemerintah pusat.

Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Penajam Paser Utara yang berdiri lima tahun lalu, hingga kini juga belum memiliki gedung kantor operasional sendiri.

Untuk itu tambah Ridwan Effendi, pembangunan gedung untuk menunjang operasional Dinas Perpustakaan dan Arsip sekaligus pelayanan publik merupakan prioritas.

Selain itu peningkatan budaya literasi atau minat membaca juga harus terus digaungkan dan menyediakan sarana prasarana tempat-tempat baca bagi masyarakat. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.