Disperindagkop Penajam Berencana Bangun Tiga Pasar Desa

Ari B

Kepala Dinas KUKM Perindag PPU, Kuncoro.

Penajam, helloborneo.com – Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah atau Disperindagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, berencana membangun tiga pasar desa pada 2020.

Kepala Disperindagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara, Kuncoro saat ditemu helloborneo.com, Senin, mengungkapkan anggaran pembangunan tiga pasar desa mencapai lebih kurang Rp3,6 miliar yang bersumber dari bantuan pemerintah pusat.

“Pembangunan tiga pasar pasar desa itu terbagi di dua wilayah kecamatan yakni di Kecamatan Babulu dan Sepaku,” ujarnya.

Lokasi pembangunan pasar desa tersebut menurut Kuncoro, berada di Desa Sumber Sari dan Sri Raharja di wilayah Kecamatan Babulu, serta di Desa Bumi Harapan, Kecamatan Sepaku.

Anggaran sekitar Rp2,7 miliar yang bersumber dari Kementerian Perdagangan terbagi untuk membangun pasar di Desa Sumber Sari dan Sri Raharja di wilayah Kecamatan Babulu.

Pembangunan pasar di Desa Bumi Harapan di wilayah Kecamatan Sepaku sekisar Rp900 juta yang bersumber dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara terus melakukan pembenahan pasar tradisional yang berada di perdesaan untuk mendukung kegiatan ekonomi warga.

Disperindagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara melakukan penataan dan pembenahan pasar desa dengan membangun secara permanen yang anggarannya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara.

“Tiga pasar yang akan dibangun itu memiliki potensi yang cukup bagus karena selama ini belum ada pasar induk di masing-masing desa,” ucap Kuncoro.

Dengan demikian lanjut ia, pasar desa yang dibangun di Penajam Paser Utara memiliki peluang bisnis kerakyatan yang cukup besar.

“Kami juga akan melakukan pembenahan dan penataan pasar tradisional yang dijadikan pasar induk di setiap kecamatan di Penajam Paser Utara,” kata Kuncoro. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.