PDAM Penajam Sediakan Pojok Literasi Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Bagus Purwa

Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud dan Istrinya Selaku Ketua TP PKK PPU Risna Rais Abdul Gafur, Senin 23/12), Meresmikan Pojok Baca di Kantor PDAM Danum Taka.

Penajam, helloborneo.com – Perusahaan Daerah Air Minum atau PDAM Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menyediakan pojok literasi sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat setempat.

Pojok literasi atau pojok baca tersebut diresmikan Ketua Tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Penajam Paser Utara Risna Rais Abdul Gafur, istri Bupati Abdul Gafur Mas’ud usai upacara peringatan Hari Jadi ke-14 PDAM Danum Taka, Senin.

Menurut Abdul Gafur Mas’ud, selain membangun dan menyempurnakan sistem pelayanan air bersih, PDAM Danum Taka juga berupaya membantu menumbuhkembangkan gerakan membaca masyarakat dengan menyediakan pojok literasi.

“Jadi selain melakukan pemenuhan pasokan air bersih, PDAM juga memberikan kontribusi di bidang pendidikan, pengembangan dan pembangunan sumber daya manusia (SDM) dengan menyediakan pojok baca di ruang tunggu,” ujarnya.

Bupati Penajam Paser Utara juga berharap peringatan hari jadi memberikan motivasi dan semangat seluruh pegawai PDAM Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara dalam berkarya dan memberikan pelayanan bagi masyarakat setempat.

“Pojok baca itu untuk menambah pengetahuan bagi pegawai serta pelanggan yang datang ke Kantor PDAM,” ucap Direktur PDAM Danum Taka Kabupaten Penajam Paser Utara, Abdul Rasyid.

“Akhir bulan banyak pelanggan datang untuk membayar rekening air, sambil duduk mengantre pelanggan bisa membaca karena sudah kami sediakan pojok baca,” katanya.

Pojok baca tersebut lanjut Abdul Rasyid, sebagai upaya PDAM Danum Taka ikut membantu pemerintah terutama di bidang edukasi membudayakan minat membaca bagi masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Disediakannya pojok baca di ruang tunggu Kantor PDAM Danum Taka itu diharapkan agar masyarakat semakin dekat dengan buku dan menumbuhkan minat baca,” katanya.

Peningkatan budaya literasi atau minat membaca harus terus digaungkan dan menyediakan sarana prasarana tempat-tempat membaca bagi masyarakat.

Penyediaan pojok baca di Kantor PDAM Danum Taka tersebut bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, serta PKK Kabupaten Penajam Paser Utara. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.