Pemerintah Kabupaten Penajam Siap Gelar Pilkades Serentak Tahap Ketiga

Bagus Purwa

Asisten I Setkab PPU, Suhardi.

Penajam, helloborneo.com – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, siap menggelar pemilihan kepala desa atau Pilkades serentak tahap ketiga pada 26 Desember 2019.

“Pemerintah kabupaten siap mengadakan Pilkades serentak yang dijadwalkan pada 26 Desember 2019,” kata Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara, Suhardi ketika ditemui helloborneo.com, Senin.

Pada gelaran Pilkades serentak tahap ketiga tersebut menurut dia, hanya diikuti dua desa yakni Desa Binuang dan Desa Sukaraja yang barada di wilayah Kecamatan Sepaku.

Pilkades serentak yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara pada 2019 tersebut merupakan pemilihan kepala desa yang ketiga kalinya digelar.

Sebelumnya sebanyak 14 desa di Kabupaten Penajam Paser Utara telah menggelar Pilkades serentak tahap pertama pada 2015, kemudian Pilkades serentak tahap kedua pada 2017 digelar di 14 desa empat kecamatan.

Perbedaan waktu pelaksanaan pemilihan kepala desa tersebut jelas Suhardi, dikarenakan berakhirnya masa jabatan kepala desa di Kabupaten Penajam Paser Utara tidak sama.

Untuk pemilihan Kepala Desa Binuang lanjut ia, sudah terdaftar sebanyak empat orang calon kepala desa untuk bersaing dalam Pilkades serentak pada 26 Desember 2019.

Sedangkan untuk pemilihan Kepala Desa Sukaraja terdaftar lima calon kepala desa, satu calon kepala desa yang terdaftar di antaranya perempuan.

“Semua calon kepala desa itu sudah melalui proses seleksi yang dilakukan oleh panitia pemilihan kecamatan, dan saat ini dalam proses kampanye,” ujar Suhardi.

“Daftar pemilih untuk Pilkades serentak di dua desa itu juga sudah divalidasi oleh panitia pemilihan kecamatan maupun panitia pemilihan desa masing-masing,” ucapnya.

Pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Penajam Paser Utara akan kembali digelar pada 2023 untuk 14 desa, kemudian Pilkades serentak 14 desa berikutnya dilaksanakan pada 2025. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.