KPU Balikpapan Melantik 18 Pegawai Sekretariat PPK

Aditya

Balikpapan, helloborneo.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan melantik 18 pegawai sekretariat PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) untuk membantu persiapan pelaksanaan Pilkada Balikpapan 2020. Pelantikan inii dilaksanakan di Gedung Serbaguna Sekretariat KPU Balikpapan di Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan,  Sabtu (7/3).

Menurut Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha, sebanyak 18  pegawai sekretariat yang dilantik ini merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN/PNS). Mereka nantinya akan membantu dalam pelaksanaan Pilkada di  masing-masing kecamatan di wilayah PPK.

Adapun 18 pegawai sekretariat yang dilantik akan dibagi di 6 kecamatan di kota Balikpapan sesuai dengan wilayah PPK yang sudah dibentuk sebelumnya, dengan komposisi masing-masing 3 tiga orang per kecamatan. Ketiganya punya peran berbeda, ada yang bertugas sebagai bendahara, sekretaris dan satu orang lagi di bidang teknis.

“Pembentukan pegawai sekretariat PPK ini dilaksanakan sesuai dengan peraturan KPU, yang menjelaskan sekretariat PPK harus terbentuk paling lambat 7 hari setelah pelantikan petugas PPK, yang sudah dilaksanakan pada 29 Februari 2020 lalu,” tegas Thoha.

Thoha menambahkan, setelah membentuk pegawai sekretariat PPK, KPU Balikpapan berencana membentuk kantor sekretariat PPK di tiap-tiap kecamatan sesuai dengan wilayah kerja PPK.

“Pembentukan kantor sekretariat ini akan melibatkan pemkot, sebagai penyedia gedung kantor PPK di tiap-tiap kecamatan. Langkah ini juga tertuang dalam UU 7/2017 dan UU 10/2016 tentang Pemilu yang mewajibkan pemerintah daerah memfasilitasi penyediaan gedung kantor bagi petugas ad hoc (sementara) PPK dan PPS,” pungkas Thoha. (adv/tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.