Warga Penajam Masih Kunjungi Disdukcapil Meskipun Diberlakukan Online

Suasana di Kantor Disdukcapil PPU.

Ari B

Penajam, helloborneo.com – Warga Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, masih ramai mengunjugi Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat meskipun diberlakukan pelayanan administrasi kependudukan secara online atau daring sebagai antisipasi pencegahan COVID-19.

Pantauan beberapa hari terakhir, warga masih ramai antre di ruang tunggu Kantor Disdukcapil. “Kami sudah berlakukan layanan daring, tapi masih saja banyak warga yang antre,” ujar Kepala Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara, Suyanto ketika dihubungi helloborneo.com, Jumat.

“Pelayanan pembuatan administrasi secara online sudah kami umumkan kepada masyarakat, tapi masih saja banyak warga yang datang ke Kantor Disdukcapil,” jelasnya.

Pelayanan publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara diberlakukan secara daring untuk menekan meluasnya virus corona yang berpotensi menyebar di tempat keramaian.

Namun ungkap Suyanto, setiap harinya masih cukup ramai warga datang untuk mengajukan permohonan pembuatan administrasi kependudukan.

Dalam satu hari jumlah warga yang mengajukan permohonan pembuatan dokumen kependudukan tersebut menurut dia, masih mencapai 50 sampai 70 orang.

“Masih banyak masyarakat yang belum paham datang dan antre di Kantor Disdukcapil padahal kami sudah buka pelayanan online, ada websitenya,” kata Suyanto.

“Pengunjung yang datang itu di didominasi warga yang ingin cetak KTP elektronik atau mengurus surat pindah,” tambahnya.

Sampai April 2020. Suyanto menimpali lagi, jumlah penduduk Kabupaten Penajam Paser Utara yang pindah ke luar daerah sebanyak 687 orang, sedangkan warga luar daerah yang pindah ke Kabupaten Penajam Paser Utara mencapai 1.193 orang. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.