Ratusan Penduduk Penajam Masih Pegang Suket Pengganti KTP Elektronik

Ari B


Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara, Suyanto.

Penajam, helloborneo.com – Sedikitnya 550 penduduk Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, masih memegang suket (surat keterangan) pengganti sementara kartu tanda penduduk atau KTP elektronik yang belum tercetak.

“Masih ada ratusan warga yang masih memegang suket pengganti sementara KTP elektronik yang belum tercetak,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara, Suyanto ketika ditemui helloborneo.com, Senin.

Ia meminta masyarakat yang masih memegang suket tersebut segera mengajukan pencetakan KTP elektronik di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Persediaan blanko cukup banyak dan bagi warga pemegang suket segara lakukan pencetakan KTP elektronik di Kantor Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara,” ujar Suyanto.

Imbauan untuk melakukan pencetakan KTP elektronik bagi penduduk pemegang suket tersebut lanjut ia, sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri atau Mendagri yang baru.

Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara telah menyiapkan lebih kurang 4.000 blanko KTP elektronik untuk melayani warga yang masih memegang suket pengganti KTP elektronik yang belum tercetak.

“Untuk proses pengajuan pencetakan KTP elektronik harus di Kantor Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara dengan membawa KK (kartu keluarga) dan suket pengganti sementara KTP elektronik yang belum tercetak,” jelasnya.

“Rata-rata para pemegang sukat pengganti KTP elektronik yang belum tercetak itu warga luar daerah yang pindah ke Kabupaten Penajam Paser Utara,” tambah Suyanto.

Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara menginginkan pada Juli 2020 sudah tidak ada lagi penduduk di daerah itu yang memegang suket pengganti sementara KTP elektronik yang belum tercetak.

Bagi penduduk pemula yang belum memiliki KTP elektronik Suyanto menimpali lagi, segara melakukan perekaman data di bagian pelayanan Kantor Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.