BPS Sebut Kontribusi PDRB Kabupaten Penajam di Bawah Dua Persen

Ari B

Kantor BPS Penajam Paser Utara.

Penajam, helloborneo.com – Badan Pusat Statistik atau BPS Kabupaten Penajam Paser Utara menyebutkan kontribusi PDRB (produk domestik regional bruto) daerah itu kepada Provinsi Kalimantan Timur, selama sembilan tahun masih di bawah dua persen.

Kepala BPS Kabupaten Penajam Paser Utara, Achmad Yasid Wijaya saat ditemui helloborneo.com, Selasa menjelaskan PDRB merupakan transaksi ekonomi yang terjadi di wilayah domestik.

Transaksi ekonomi tersebut lanjut ia, meliputi pertambangan, pertanian, perkebunan dan lain sebagainya, dan transaksi-transaksi ekonomi tersebut masih cukup rendah di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Berdasarkan data BPS Provinsi Kalimantan Timur menurut Achmad Yasid Wijaya, nilai kontribusi PDRB Kabupaten Penajam Paser Utara pada 2019 masih di bawah Kabupaten Kutai Barat yang tercatat 4,41 persen.

Di mana pada 2019 sumbangan PDRB Kabupaten Penajam Paser Utara kepada Provinsi Kalimantan Timur hanya tercatat 1,39 persen, pada 2018 kontribusi PDRB sekitar 1,40 persen.

Sedangkan sumbangan PDRB Kabupaten Penajam Paser Utara kepada Provinsi Kalimantan Timur pada 2017 tercatat 1,44 persen.

“Selama tiga tahun terakhir terlihat sumbangan PDRB Kabupaten Penajam Paser Utara cenderung menurun, dan kami prediksi 2020 kembali menurun,” jelas Achmad Yasid Wijaya.

Ia memprediksi transaksi ekonomi di Kabupaten Penajam Paser Utara akan kembali menurun dengan adanya pendemi Coronavirus Disease atau COVID-19.

Sementara kata Achmad Yasid Wijaya, IPM (indeks pembangunan manusia) di Kabupaten Penajam Paser Utara sejak 2018 mengalami peningkatan.

IPM merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup di suatu daerah meliputi kesehatan, pendidikan dan pengeluaran per kapita.

“Angka IPM di Kabupaten Penajam Paser Utara pada 2017 tercatat 70,59 persen, naik menjadi 71,13 persen pada 2018 dan 2019 mencapai 71,64 persen, angka itu tergolong tinggi” ucap Achmad Yasid Wijaya. (bp/hb)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.