Perencanaan Pembangunan Desa di Kabupaten Penajam Belum Berdasar IDM

Ari B

Tenaga Ahli Pendamping Profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Sulfadli.

Penajam, helloborneo.com – Perencanaan pembangunan desa di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, belum berdasar atau mengacu pada hasil Indeks Desa Membangun atau IDM, kata Tenaga Ahli Pendamping Profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) setempat Sulfadli.

“Salah satu kendala desa sulit maju dan berkembang karena perencanaan pembangunan belum berdasarkan IDM,” ujar Sulfadli ketika ditemui helloborneo.com, Jumat.

Untuk meningkatkan status desa lanjut ia, pola pembangunan desa yang lama dan masih monoton harus mulai ditinggalkan, sehingga pembangunan menuju desa maju, berkembang dan mandiri cepat terwujud.

Perencanaan pembangunan desa pola lama tersebut jelas Sulfadli, seperti janji politik atau melihat sejumlah kepentingan masyarakat dan tidak melihat indeks desa membangun.

Pembangunan desa yang berdasarkan IDM itu memperhatikan indeks ketahanan sosial, ekonomi dan lingkungan secara menyeluruh.

Sulfadli menyarankan agar pemerintah desa menyusun rencana pembangunan melihat hasil survei atau penilaian IDM.

Pembangunan desa mengacu pada hasil IDM tersebut bertujuan agar indikator yang belum mendapat perhatian dapat tersentuh melalui program Anggaran Pendapatan Belanja Desa atau APBDes.

“Pemerintah desa juga harus lebih meningkatkan koordinasi antar-instansi di semua tingkatan pemerintah dalam pembangunan di pedesaan,” ucap Sulfadli.

“Tahun berikutnya kami coba dampingi desa melihat bagaimana perencanaan pembangunan desa, salah satunya membedah dari indikator IDM,” tambahnya.Pendamping desa Sulfadli menimpali lagi, akan mencoba mengubah cara atau pola lama pembangunan desa yang masih monoton agar indikator yang masih kurang dapat diperhatikan pemerintah desa. (bp/tan)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.